ஜ۩۞۩ஜ ANDROID USER UPB ஜ۩۞۩ஜ

Diskusi seputar komputer dan dunia internet

ஜ۩۞۩ஜ ANDROID USER UPB ஜ۩۞۩ஜ

Postby 120210229 » Sun Sep 29, 2013 5:08 am

ANDROID USER UPB
Image


۞ RULES ANDROID USER ۞

FREE TO POST, Selama berkaitan dengan ANDROID
BIASAKAN untuk menggunakan MULTIQUOTE.
DILARANG TRIPLE POST APALAGI LEBIH.
Tidak ada istilah sesepuh ataupun newbie disini, Karena Kita Sama-Sama Belajar

ATURAN AKAN DITAMBAH ATAU DIKURANGI DIKEMUDIAN HARI :!: :!:

Image
User avatar
120210229
 
Posts: 5
Joined: Wed Jun 26, 2013 5:00 pm

Re: ஜ۩۞۩ஜ ANDROID USER UPB ஜ۩۞۩ஜ

Postby 120210229 » Sun Sep 29, 2013 5:08 am

APA ITU ANDROID???

Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.

Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).

Android memiliki berbagai keunggulan sebagai software yang memakai basis kode komputer yang bisa didistribusikan secara terbuka (open source) sehingga pengguna bisa membuat aplikasi baru di dalamnya. Android memiliki aplikasi native Google yang terintegrasi seperti pushmail Gmail, Google Maps, dan Google Calendar.

Para penggemar open source kemudian membangun komunitas yang membangun dan berbagi Android berbasis firmware dengan sejumlah penyesuaian dan fitur-fitur tambahan, seperti FLAC lossless audio dan kemampuan untuk menyimpan download aplikasi pada microSD card. Mereka sering memperbaharui paket-paket firmware dan menggabungkan elemen-elemen fungsi Android yang belum resmi diluncurkan dalam suatu carrier-sanction firmware.


Versi-Versi Android.

Google memiliki ciri khas pada penamaan versi Android OS buatannya yaitu dengan memakai nama-nama hidangan penutup.

Sebut saja nama-nama OS Android dari pertama kali dirilis, dimulai dari Cupcake (Android 1.5), Donut (Android 1.6), Eclair (Android 2.1), Froyo (Android 2.2), Gingerbread (Android 2.3), yang khusus untuk tablet, Honeycomb (Android 3.0), dan berikutnya Ice Cream (Android 2.4). Lalu apa alasan Google memakai nama nama hidangan penutup?

Tidak ada penjelasan resmi dari pihak Google mengenai hal ini. Juru bicara Google, Randall Sarafa, menyebutkan pemberian nama-nama tersebut adalah hasil keputusan internal dan Google memang memilih untuk tampil sedikit berbeda dalam hal ini.

Kalo kita perhatikan penamaan dari Android OS ini diurutkan sesuai dengan urutan alfabet, yang dmulai dari C (Cupcake), D (Donut), E (Eclair), F(Froyo), G(Gingerbread), dan selanjutnya I (Ice Cream)

Lalu kenapa dimulai dari huruf C (Cupcake), bukan dimulai dari huruf A? Menurut Randall Sarafa "Untuk dua produk sebelumnya yang dimulai dengan huruf A dan B(mungkin Brownies), saya tidak terlalu mengenalnya," ujarnya seraya menjelaskan bahwa OS tersebut dirilis sekitar empat tahun silam.

Android versi 1.1

Pada 9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.

Android versi 1.5 (Cupcake)

Pada pertengahan Mei 2009, Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan SDK (Software Development Kit) dengan versi 1.5 (Cupcake). Terdapat beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam seluler versi ini yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.

Android versi 1.6 (Donut)

Donut (versi 1.6) dirilis pada September dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA.

Android versi 2.0/2.1 (Eclair)

Pada 3 Desember 2009 kembali diluncurkan ponsel Android dengan versi 2.0/2.1 (Eclair), perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.

Untuk bergerak cepat dalam persaingan perangkat generasi berikut, Google melakukan investasi dengan mengadakan kompetisi aplikasi mobile terbaik (killer apps - aplikasi unggulan). Kompetisi ini berhadiah $25,000 bagi setiap pengembang aplikasi terpilih. Kompetisi diadakan selama dua tahap yang tiap tahapnya dipilih 50 aplikasi terbaik.

Dengan semakin berkembangnya dan semakin bertambahnya jumlah handset Android, semakin banyak pihak ketiga yang berminat untuk menyalurkan aplikasi mereka kepada sistem operasi Android. Aplikasi terkenal yang diubah ke dalam sistem operasi Android adalah Shazam, Backgrounds, dan WeatherBug. Sistem operasi Android dalam situs Internet juga dianggap penting untuk menciptakan aplikasi Android asli, contohnya oleh MySpace dan Facebook.

Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)

Pada 20 Mei 2010, Android versi 2.2 (Froyo) diluncurkan. Perubahan-perubahan umumnya terhadap versi-versi sebelumnya antara lain dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.

Android versi 2.3 (Gingerbread)

Pada 6 Desember 2010, Android versi 2.3 (Gingerbread) diluncurkan. Perubahan-perubahan umum yang didapat dari Android versi ini antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.

Android versi 3.0 (Honeycomb)

Android Honeycomb dirancang khusus untuk tablet. Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Tablet pertama yang dibuat dengan menjalankan Honeycomb adalah Motorola Xoom. Perangkat tablet dengan platform Android 3.0 akan segera hadir di Indonesia. Perangkat tersebut bernama Eee Pad Transformer produksi dari Asus. Rencana masuk pasar Indonesia pada Mei 2011.

Android versi 4.0 (Ice Cream Sandwich)

Versi dirilis pada 19 Oktober 2011 .Ice Cream, tentu saja kita tahu karena ini adalah minuman atau tapatnya makanan yang sangat disukai terutama oleh anak kecil .Ice Cream dipakai sebagai nama alias dari Android versi 4.0. Smartphone yang pertama kali mengunakan OS Android ini adalah Samsung Galaxy Nexus. Secara teori semua perangkat seluler yang menggunakan versi Android sebelumnya, Gingerbread, dapat di-update ke Android Ice Cream Sandwich. Namun sayangnnya sampai saat ini kebanyak smartphone yang menggunakan Android ICS merupakan smartphone kelas high-end yang dijual dengan harga cukup mahal. Mungkin karena alasan inilah distribusi versi Android satu ini tidak lebih dari 8% sampai pertangahn tahun 2012 ini.

Android versi 4.1 (Jelly Bean)

Sampai tulisan ini di tulis Versi Android Jelly Bean adalah versi Android yang terbaru. Android Jelly Bean yaang diluncurkan pada acara Google I/O lalu membawa sejumlah keunggulan dan fitur baru. Penambahan baru diantaranya meningkatkan input keyboard, desain baru fitur pencarian, UI yang baru dan pencarian melalui Voice Search yang lebih cepat.Tak ketinggalan Google Now juga menjadi bagian yang diperbarui. Google Now memberikan informasi yang tepat pada waktu yang tepat pula. Salah satu kemampuannya adalah dapat mengetahui informasi cuaca, lalu-lintas, ataupun hasil pertandingan olahraga. Sistem operasi Android Jelly Bean 4.1 muncul pertama kali dalam produk tablet Asus, yakni Google Nexus 7.
Last edited by 120210229 on Sun Sep 29, 2013 5:10 am, edited 1 time in total.
User avatar
120210229
 
Posts: 5
Joined: Wed Jun 26, 2013 5:00 pm

Re: ஜ۩۞۩ஜ ANDROID USER UPB ஜ۩۞۩ஜ

Postby 120210229 » Sun Sep 29, 2013 5:09 am

Androidpedia

apk = android package, kyk ipa di iphone (buat pngguna iphone), sis di symbian s60 (ga tau sih skrg masih sis ap ngga), atau jar di bb(buat pengguna bb dan java based devices lainnya). Intinya, file2 dgn ekstensi .apk bisa digunakan untuk menginstall aplikasi di android device..

brick(ed) = kondisi dmana device sudah tidak bisa di-recover,sehingga bisa dianggap seperti batu-bata (brick) yg dapat digunakanuntuk ngelempar anjing (kalau dbutuhkan)..

adb = command buat ngejembatani perintah di android lewat pc. Klo adb shell termasuk bagiannya. Extensi command adb ada banyak bro, seperti adb push, adb pull, adb install dll. Syarat adb bisa jalan = driver adb mesti sdh terpasang di pc. Biasanya di device manager (windows) akan terlihat andoid adb composite device, driver adb biasanya dari vendor pembuat devicenya. Klo nexus, htc magic, dream bisa pakai driver bawaan usb. Kalo motorola milestone bisa dari cd bawaannya atau pakai motorola software update.

imap = internet message access protocol, salah satu protocol untuk retreive email selain pop3

pop3 = post office protocol 3, salah satu protocol tcp/ip port 110 dalam menarik email

widget = salah satu aplikasi yang gui nya lebih bersifat interaktif

gui = graphical user interface , interface aplikasi yang lebih bersifat graphic (gambar ? )

gms = google market services, tempat download nya aplikasi2 di android (kayak apps store di iphone, appworld di bb)

root = super user di salah os (dalam hal ini android)

rooting = proses untuk merubah privilage dari user biasa jadi root

apps2sd = proses memindahkan/menyimpan aplikasi ke sdcard selain ke memori internal,

aosp = android open source project,

boot = proses menghidupkan handheld,

bootloader = gabungan spl dan ipl yg menjadi dasar dr sebuah device,

bootloader mode - fastboot load = tombol camera + power, pada mode boot ini, kita bisa meng-install image sebuah sistem yang ada/ditaruh di sdcard dengan menekan tombol power lagi,

cache2sd = proses memindahkan/menyimpan cache dari rom ke sdcard,

diagnostic mode = tombol capture + power. Mode boot untuk test ( pake tombol volume untuk pilih item ),

normal mode = cara normal menghidupkan handheld,

ota : Over the air, suatu metode pengiriminan data, biasanya istilah dipake pd aktifitas meng-update (istilah lainnya mgkn download),

recovery mode = tombol home + power, pada mode boot ini, kita bisa membuka shell. Mem-flash image, bikin backup maupun restore.

safe mode : Tombol menu + power, boot handheld secara normal tetapi tanpa registrasi dengan google, makanya aplikasi2 yg berhubungan dengannya gak bakalan berfungsi ( map, gmail account, market, dll)

source : Id-android
Last edited by 120210229 on Sun Sep 29, 2013 5:14 am, edited 1 time in total.
User avatar
120210229
 
Posts: 5
Joined: Wed Jun 26, 2013 5:00 pm

Re: ஜ۩۞۩ஜ ANDROID USER UPB ஜ۩۞۩ஜ

Postby 120210229 » Sun Sep 29, 2013 5:09 am

LIST ANDROID USER UPB

Yang lain yang mau ikutan, silahkan masukan datanya seperti berikut :

HH :
Rom :
Versi :
Messanger (YM, Whatsapp, Skype dll) :
Social Network :
Penampakan HH (jangan upload yang BWK :evil: ):


ts duluan deh perkenalan. :mrgreen:

1)
hh : Galaxy Wonder (si Wowon)
rom : cm-10.1-20130924-EXPERIMENTAL-ancora-alpha9 (Belum sempat OC)
android version : JB 4.2.2
g+ dan gtalk : qta.ldg@gmail.com
whatsapp : PM aja :lol:

2)
hh : Xperia J
android version : JB 4.1.2
g+ dan gtalk: samasikomo@gmail.com
whatsapp : PM ya gan :lol:
Last edited by 120210229 on Sun Sep 29, 2013 6:05 am, edited 2 times in total.
User avatar
120210229
 
Posts: 5
Joined: Wed Jun 26, 2013 5:00 pm

Re: ஜ۩۞۩ஜ ANDROID USER UPB ஜ۩۞۩ஜ

Postby 120210229 » Sun Sep 29, 2013 5:10 am

reserved
User avatar
120210229
 
Posts: 5
Joined: Wed Jun 26, 2013 5:00 pm

Re: ஜ۩۞۩ஜ ANDROID USER UPB ஜ۩۞۩ஜ

Postby 120210180 » Sun Sep 29, 2013 5:53 am

hh : Xperia J
android version : JB 4.1.2
g+ dan gtalk: samasikomo@gmail.com
whatsapp : PM ya gan :lol:
120210180
 
Posts: 1
Joined: Fri Jun 28, 2013 5:00 pm


Return to Computer and Internet

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests

cron