Penerapan Metode Asosiasi Dengan Algoritma FP-Growth Pada Data Transaksi PT John Tampi Group
DOI:
https://doi.org/10.33884/cbis.v9i2.3835Kata Kunci:
Algoritma FP-Growth, Data mining, Metode Asosiasi, Restoran, TransaksiAbstrak
Perkembangan usaha dibidang makanan dari waktu ke waktu semakin meningkat, selalu berkembang dan tidak akan pernah berhenti. Dengan pesatnya pertumbuhan bisnis dibidang makanan, maka timbulah persaingan antar para pemilik bisnis. Usaha dibidang makanan rata-rata tidak membutuhkan modal yang besar tetapi pada kenyataannya investor atau pihak pengembang perlu mengetahui pola penjualannya sehingga dapat menjadi acuan sebagai strategi pemasaran dan penjualan yang efektif dalam pengembangan usahanya ditahap selanjutnya. Tak hanya itu, persaingan dalam dunia kuliner semakin ketat semenjak status pandemi diumumkan. Hal tersebut menambah tantangan dalam persaingan dunia kuliner dalam menentukan strategi yang tepat agar dapat meningkatkan penjualan dan pemasaran produk yang dijual, termasuk melalui penggunaan data penjualan produk. Penerapan metode asosiasi data mining dengan mengimplementasikan algoritma FP-Growth ini dapat membantu dalam menemukan sebuah aturan asosiasi dari data penjualan produk di PT John Tampi Group. Dari hasil pengujian yang dilakukan diperoleh rule dengan nilai confidence terbaik mencapai 100%.