ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PADA PT LADFANID KONSULTINDO BATAM
DOI:
https://doi.org/10.33884/comasiejournal.v10i5.9107Keywords:
IPA, Kepuasan Pelanggan, SERVQUALAbstract
This study is conducted at consulting services. However, not all conculting services can be accepted by customers. The author in this study obtained data from up to 30 customer respondents, then carried out IPA and Servqual calculations. Based on the IPA results, the highest score was providing complete service with a Tki level of 83.33 and the lowest was that the staff scheduled meetings with customers quickly. with Tki 43.88. There are 7 statements in Science Quadrant I, 7 statements in Quadrant II and 3 statements in Quadrant III and 6 statements in Quadrant IV. Based on the results from SERVQUAL, the highest customer satisfaction is in the Emphaty dimension with Q: 0.81 and the smallest is in Responsiveness at 0.43.
References
Andry, J. F., Christianto, K., & Wilujeng, F. R. (2019). Using Webqual 4.0 and Importance Performance Analysis to Evaluate E-Commerce Website. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 5(1), 23. https://doi.org/10.20473/jisebi.5.1.23-31
Anindya, A. P., & Iva Mindhayani. (2021). Analisis Kepuasan Pelanggan De Laundry dengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index dan Service Quality. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 7(2), 129–136. https://doi.org/10.30656/intech.v7i2.3954
Aufa Amalia. (2019). ANALISIS KEPUASAN KERJA DENGAN METODE IPA (IMPORTANCE ANALYSIS PERFORMANCE) DI HOTEL FAMILIE 2 KOTA METRO.
Dwi Ariska, O., Kusyanti, A., & Bachtiar, F. A. (2018). Evaluasi Kualitas Layanan Website Portal Jurnal Universitas Brawijaya dan Website Student Journal Universitas Brawijaya Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan IPA (Importance Performance Analysis) (Vol. 2, Issue 8). http://j-ptiik.ub.ac.id
Fadillah, H., Hadining, A. F., & Puspa Sari, R. (2020). ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN ABC LAUNDRY DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY, IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI). In Jurnal Teknik Industri (Vol. 15, Issue 1).
Indrajaya, D. (2018). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS DAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX PADA UKM GALLERY. In Tj. Bar.
Ishak, A., Diriyanti Novalina, S., & Noviza, M. B. (2019). Analisis Indeks Kepuasan Karyawan terhadap Pengelolaan Fasilitas Gedung Dengan Menggunakan Importance Performance Analysis : Studi Kasus. Jurnal Sistem Teknik Industri (JSTI), 21(1), 12–23.
Laily Alfina. (2017). ANALISIS KEPUASAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN JASA DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) (Studi Kasus: RSU Imelda Pekerja Indonesia).
Lusianti Dina. (2017). PENGUKURAN KEPUASAN PESERTA JKN MELALUI PENDEKATAN IMPORTANCE-PERFORMANCE ANALYSIS.
Patinong, Y. A., & Sumatika, A. (2022). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LAYANAN PADA PT. SUMBER ALFARIA TRIJAYA TBK. JURNAL COMASIE, 06(03).
Siyamto Yudi. (2017). Kualitas Pelayanan Bank Dengan Menggunakan Metode IPA Dan CSI Terhadap Kepuasan Nasabah KUALITAS PELAYANAN BANK DENGAN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) TERHADAP KEPUASAN NASABAH.
Tri Amanda, Y., Saputra, A., Pamungkas, I., & Kusuma, I. (2021a). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index dan Importance Performance Analysis pada PT. PLN (Persero) Area Meulaboh. www.jurnal.utu.ac.id/joptimalisasi
Tri Amanda, Y., Saputra, A., Pamungkas, I., & Kusuma, I. (2021b). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index dan Importance Performance Analysis pada PT. PLN (Persero) Area Meulaboh. www.jurnal.utu.ac.id/joptimalisasi
Wahyuniardi, R., Syaifulbachri, A., & Algaza, R. (2018b). Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Bauran Pemasaran Menggunakan Integrasi Importance Performance Analysis dan Model Kano (Studi Kasus : L’societe Dine and Bar Bandung). Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 7(2), 73. https://doi.org/10.26593/jrsi.v7i2.2881.73-84
Wibowo, T. J., & Ardhi, M. N. (2018a). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Layanan pada Minimarket SK.
Wijayanti, E. (2020). INTEGRATING FUZZY-SERVQUALINTO IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS AND QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT FOR IMPROVE KSP KUSUMA ARTHA LESTARI SERVICE QUALITY.
Wilujeng, F. R., & Rembulan, G. D. (2019). Perancangan Model Kualitas Pelayanan Puskesmas dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Quality Function Deployment (QFD). Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 5(2), 43–50. https://doi.org/10.30656/intech.v5i2.1675
Yola, M., Yola, M., & Budianto, D. (n.d.). ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA PRODUK PADA SUPERMARKET DENGAN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA).