PERANCANGAN GAME EDUKASI BAHASA INGGRIS DENGAN RPG MAKER MV MENGGUNAKAN ALGORITMA RULE BASED
DOI:
https://doi.org/10.33884/comasiejournal.v9i1.7416Kata Kunci:
Bahasa Inggris, Game Edukasi, Rule Based , GDLC, RPG Maker MVAbstrak
Masalah sering ditemui adalah susahnya siswa dalam menghafal kosakata dan kesulitan dalam pelafalan bahasa Inggris, dan tidak memiliki teman untuk berlatih adalah dalam pembelajaran bahasa Inggris, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang game dengan unsur edukasi didalamnya dan juga mengimplementasikan algoritma Rule Based dalam pembuatan game ini guna meningkatkan semangat siswa dalam belajar kosakata bahasa Inggris dengan menggunakan media game didalamnya.Perancangan menggunakan metode GDLC (Game Development Life Cycle) yang memiliki 6 tahapan, yaitu inisialisasi, praproduksi, produksi,pengujian beta hingga rilis penuh, UML juga digunakan untuk melakukan desain pada use case, diagram sequence, dan activity diagram, Pengujian dilakukan dengan metode black box testing yang dilakukan oleh siswa dan guru. Hasil pengujian yang telah dilakukan yaitu dengan melakukan black box testing, pengujian kepada beberapa perangkat smartphone, dan wawancara yang telah dilakukan, telah berhasil mendapatkan hasil yang telah diharapkanDapat disimpulkan bahwa pengembangan game dapat dikatakan berhasil untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris, dan metode GDLC juga dapat dikatakan berhasil diterapkan dalam game edukasi bahasa Inggris yaitu ” Can I – The Lost Ring”.