PENGARUH STRUKTUR MODAL, UKURAN PERUSAHAAN DAN KEPUTUSAN INVESTASI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN
(Studi Empiris pada Perusahaan Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021)
DOI:
https://doi.org/10.33884/jab.v7i2.7371Keywords:
Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Keputusan Investasi dan Nilai Perusahaan.Abstract
ABSTRACT
This study aims to obtain empirical results on the influence of Capital Structure, Company Size and Investment Decisions on Company Value in Food and Beverage companies listed on the IDX in 2017-2021. The method of determining the sample in this study is purposive sampling. The type of research in this study was associative quantitative, obtained 11 companies that were used as research samples with observations for 5 (five) years, so that the total observations were 55 companies. The analysis technique used is multiple linear regression. The results of this study indicate that the capital structure has no effect on firm value. Company Size has an effect on Firm Value. Investment Decision has no effect on Firm Value. Capital Structure, Company Size and Investment Decisions simultaneously affect Firm Value.
Keywords: Capital Structure, Company Size, Investment Decision and Firm Value.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperolehn hasil empiris akan pengaruh Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan Food and Beverage yang terdaftar di BEI pada tahun 2017-2021. Metode penentuan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive sampling. Jenis penelitian pada penelitian ini yaitu kuantitatif asosiatif, diperoleh 11 perusahaan yang dijadikan sampel penelitian dengan pengamatan selama 5 (lima) tahun, sehingga total observasi adalah sebanyak 55 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Struktur Modal tidak berpengaruh terhadap Nilai perusahaan. Ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Keputusan Investasi tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Struktur Modal, Ukuran Perusahaan dan Keputusan Investasi secara simultan berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan.
Kata Kunci: Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Keputusan Investasi dan Nilai Perusahaan.