Melirik Kinerja Pemasaran Ukm Persuteraan Di Kabupaten Wajo Melalui Orientasi Pelanggan Dan Orientasi Pesaing

Authors

  • Muhammad Hasbi Abbas Universitas Puangrimaggalatung Sengkang Wajo

DOI:

https://doi.org/10.33884/jimupb.v7i2.1270

Keywords:

Orientasi Pelanggan, Orientasi Pesaing, Kinerja Pemasaran, UKM Persuteraan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melirik kinerja pemasaran Usaha Kecil Menengah (UKM) persuteraan Kabupaten Wajo, Sulwesi selatan dengan model penelitian Deskriptif Kualitatif, dengan fokus penelitian pada Orientasi pelanggan, Orientasi pesaing serta Kinerja  Pemasaran pada UKM Persuteraan di Kabupaten Wajo. Informan dalam penelitian ini sebanyak lima orang yang memiliki usaha pertenunan dan pemasaran Sutera secara turun temurun di Kabupaten Wajo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pelanggan dan orientasi pesaing memberikan efek secara khusus pada peningkatan Kinerja Pemasaran UKM persuteraan di Kabupaten Wajo, namun belum memberi efek yang sigifikan pada pertumbuhan dan keberlangsungan UKM persuteraan secara umum.

Author Biography

Muhammad Hasbi Abbas, Universitas Puangrimaggalatung Sengkang Wajo

Melirik Kinerja Pemasaran UKM Persuteraan

di Kabupaten Wajo melalui Orientasi Pelanggan dan Orientasi Pesaing

 

Muh. Hasbi Abbas

(Universitas Puangrimaggalatung Sengkang, Wajo - Sulawesi Selatan)

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melirik kinerja pemasaran Usaha Kecil Menengah (UKM) persuteraan Kabupaten Wajo, Sulawesi selatan dengan model penelitian Deskriptif Kualitatif, dengan fokus penelitian pada Orientasi pelanggan, Orientasi pesaing serta Kinerja  Pemasaran pada UKM Persuteraan di Kabupaten Wajo. Informan dalam penelitian ini sebanyak lima orang yang memiliki usaha pertenunan dan pemasaran Sutera secara turun temurun di Kabupaten Wajo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pelanggan dan orientasi pesaing memberikan efek secara khusus pada peningkatan Kinerja Pemasaran UKM persuteraan di Kabupaten Wajo, namun belum memberi efek yang sigifikan pada pertumbuhan dan keberlangsungan UKM persuteraan secara umum.

Kata Kunci : Kinerja Pemasaran, Orientasi Pelanggan, Orientasi Pesaing

 

Published

2019-08-07