Melirik Kinerja Pemasaran Ukm Persuteraan Di Kabupaten Wajo Melalui Orientasi Pelanggan Dan Orientasi Pesaing
DOI:
https://doi.org/10.33884/jimupb.v7i2.1270Keywords:
Orientasi Pelanggan, Orientasi Pesaing, Kinerja Pemasaran, UKM PersuteraanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melirik kinerja pemasaran Usaha Kecil Menengah (UKM) persuteraan Kabupaten Wajo, Sulwesi selatan dengan model penelitian Deskriptif Kualitatif, dengan fokus penelitian pada Orientasi pelanggan, Orientasi pesaing serta Kinerja Pemasaran pada UKM Persuteraan di Kabupaten Wajo. Informan dalam penelitian ini sebanyak lima orang yang memiliki usaha pertenunan dan pemasaran Sutera secara turun temurun di Kabupaten Wajo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pelanggan dan orientasi pesaing memberikan efek secara khusus pada peningkatan Kinerja Pemasaran UKM persuteraan di Kabupaten Wajo, namun belum memberi efek yang sigifikan pada pertumbuhan dan keberlangsungan UKM persuteraan secara umum.