Sosialisasi Peranan Zakat Dalam Menghadapi Masa Pandemi Covid-19 Pada Pengusaha Muslim di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.33884/jpb.v3i01.2720Keywords:
Covid-19, Krisis Ekonomi, Pengusaha, ZakatAbstract
Pandemi Covid-19 yang telah mewabah pada awal tahun 2020 ini telah berdampak pada terjadinya krisis ekonomi dimana banyak sekali dunia usaha serta individu terkena dampaknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peranan zakat dalam menghadapi krisis ekonomi yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 dan kemudian hasilnya di sosialisasikan. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah studi kepustakaan yang didapat dari penelitian-penelitian sebelumnya dan teori-teori yang ada. dan hasilnya disosialisasikan kepada para pengusaha muslim dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dengan menggunakan media daring. Hasil penelitian dengan studi kepustakaan ini mendapatkan hasil bahwa peranan zakat sangat penting dan sangat membantu dalam menghadapi krisis ekonomi yang diakibatkan oleh Covid-19 ini, dan kemudian disosialisasikan kepada pengusaha muslim di Indonesia. Para pengusaha memahami dan mengerti serta mendapatkan wawasan untuk dapat selamat dari krisis ekonomi ini dengan adanya peranan zakat yang dioptimalkan manfaatnya bagi siapa saja yang membutuhkan, sehingga dapat selamat dan bangkit dari krisis ekonomi ini. Pada kegiatan PKM ini hendaknya terus dilakukan untuk mewujudkan tridarma perguruan tinggi, guna mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara.