Pembinaan Perencanaan Pemasaran Bagi Pedagang Obat Tradisional Di Kota Batam
DOI:
https://doi.org/10.33884/jpb.v3i02.3683Keywords:
Pembinaan, Pemasaran, pengabdianAbstract
Objek yang akan dibina dalam pengabdian kali ini adalah Toko obat aulia tiban garden merupakan UMKM yang bergerak di bidang obat-obatan. Toko obat ini bertempat di jalan Tiban garden blok C No 32 Batam, saat ini toko obat Toko obat aulia tiban garden dimiliki oleh Ibu Salmi Yanti. Toko obat aulia tiban garden menjual berbagai obat-obatan baik dari jenis tradisional. Untuk itu pengabdian masyarakat kali adalah pembinaan dalam memahami dan membuat perencanaan pemasaran usaha, metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat kali ini adalah pertama Tim Dosen memberikan ceramah dan pemaparan tentang teori perencanaan pemasaran usaha, kedua Peserta akan diberi Pembinaan dalam membuat perencanaan pemasaran usaha, ketiga Peserta akan diberikan kesempatan untuk mendiskusikan permasalahan yang dihadapi dalam pembuatan perencanaan pemasaran usaha. Diharapkan program pengabdian masyarakat kali ini dapat memberikan kontribusi berupa pertama Peserta termotivasi membuat perencanaan pemasaran usaha, kedua Peserta mampu terampil dalam membuat perencanaan pemasaran usaha. Berdasarkan pengabdian yang telah dilakukan maka ada beberapa manfaat yang dapat diambil diantaranya Peserta memiliki pemahaman tentang pembuatan perencanaan pemasaran, Kedua Peserta juga telah dapat memahami mengenai ruang lingkup dari perencanaan pemasaran, ketiga Peserta telah dapat membuat perencanaan pemasaran.