Analisa Kepuasan Konsumen Menggunakan Algoritma C4.5

Penulis

  • Nurul Azwanti Universitas Putera Batam
  • Erlin Elisa Universitas Putera Batam

Kata Kunci:

Algoritma C4.5, Kepuasan, Pelanggan, Pohon Keputusan

Abstrak

Kepuasan konsumen menjadi tolak ukur yang sangat penting demi keberlangsungan suatu usaha. Salah satu contohnya adalah usaha dibidang makanan. Usaha ini memerlukan konsumen yang aktif karena berhubungan dengan selera dan kepuasan konsumen. Bakso Akbar sebagai usaha dibidang makanan tentunya memiliki banyak pesaing. Demi keberlangsungan dari usaha tersebut, perlu ditinjau hal-hal apa yang membuat konsumen puas dan tidak puas. Salah satu caranya ialah melakukan analisis kepuasan konsumen dengan variabel Pelayanan dengan isian Baik atau Tidak Baik, Kecepatan, Akses Lokasi dengan pilihan Mudah atau Sulit, Kebersihan dengan pilihan Bersih atau Tidak, Rasa dengan pilihan Enak, Lumayan atau Kurang Enak dan yang terakhir adalah Harga dengan isian Mahal atau Murah. Varibel tersebut akan diisi oleh konsumen dari kuisioner yang dibagikan, yang kemudian seluruh isian akan didata dan diolah mrenggunakan Data Mining. Algoritma C4.5 dianggap sebagai salah satu algoritma Data Mining yang mampu memberikan hasil yang baik karena menghasilkan aturan pohon keputusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Rasa mendapat Gain tertinggi pertama dengan nilai 0.3659. perhitungan selanjutnya didapat variabel Kebersihan dengan nilai Gain 1. Rule yang dihasilkan sebanyak 4, 2 rule menghasilkan keputusan Puas dengan kondisi jika Rasa Enak, maka Konsumen Puas dan jika Rasa Lumayan dan Kebersihan Bersih maka Konsumen Puas. Tujuan dari analisis ini supaya usaha Bakso Akbar dapat mempertahankan pelanggannya dan memperbaiki kekurangannya berdasarkan dari penilaian konsumen.

Referensi

Dasrmawan, Arief Soma. 2015. “Algoritma Apriori Untuk Rekomendasi Penawaran Produk Di Batik Putra Ghofur Pekalongan.” JURNAL LITBANG KOTA PEKALONGAN 8.
Diza, Farah. 2016. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pt. Fifgroup Cabang Manado).” Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 4(1):109–19.
Faradillah, Sarah. 2013. “IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK PENGENALAN KARAKTERISTIK TRANSAKSI CUSTOMER DENGAN.” 63–70.
Khade, Anindita A. 2016. “Performing Customer Behavior Analysis Using Big Data Analytics.” Procedia Computer Science 79:986–92.
Rohman, Fatchur Ibnu. 2016. “Penerapan Algoritma C4 . 5 Pada Kepuasan Pelanggan Perum DAMRI.” Ibnu Ftchur Rohman 1–14.
Selvia Lorena Br Ginting, Wendi Zarman, Ida Hamidah. 2014. “ANALISIS DAN PENERAPAN ALGORITMA C4.5 DALAM DATA MINING UNTUK MEMPREDIKSI MASA STUDI MAHASISWA BERDASARKAN DATA NILAI AKADEMIK.” (November).
Shiddiq, Ahmad, Ratih Kumalasari Niswatin, and Intan Nur Farida. 2018. “Ahmad Shiddiq Analisa Kepuasan Konsumen Menggunakan Klasifikasi Decision Tree Di Restoran Dapur Solo (Cabang Kediri).” Generation Journal 2(1):9.
Sijabat, Alimancon. 2015. “Penerapan Data Mining Untuk Pengolahan Data Siswa Dengan Menggunakan Metode Decision Tree ( Studi Kasus : Yayasan Perguruan.” V:7–12.
Tania Dian Tri Utami, Dedy Hartama, Agus Perdana Windarto, and Solikhun. 2016. “Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Penjualan Air Minum Isi Ulang Dengan Menggunakan Metode Rough Set.” JURASIK (Jurnal Riset Sistem Informasi & Teknik Informatika) 1(1).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-01-27

Cara Mengutip

Azwanti, N., & Elisa, E. (2021). Analisa Kepuasan Konsumen Menggunakan Algoritma C4.5. Prosiding, 3, 126–131. Diambil dari https://forum.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/article/view/3626

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2