Perbandingan Pembuatan Kartu Identitas Warga Negara Indonesia dan Singapura
Kata Kunci:
Identity cards, Indonesia, SingapuraAbstrak
Identity cards play a crucial role in proving someone's identity in the modern era. This research compares the process of issuing national identity cards in Indonesia and Singapore, focusing on security, efficiency, speed, and reliability. Indonesia, with its large and diverse population, and Singapore, with a smaller population but high population density, demonstrate different approaches to identity card issuance. An analysis is conducted on the strengths and weaknesses of each system, including technological innovation, population coverage, inter-agency cooperation, biometric usage, and improvements in public services. Despite facing challenges such as limited infrastructure, administrative issues, and potential corruption, Indonesia continues to innovate with chip technology and inter-agency collaboration. In Singapore, an efficient identity card issuance system is supported by advanced technology, online services, and a focus on privacy. Nevertheless, challenges related to technology dependence, privacy issues, accessibility, administrative errors, and costs remain concerns. Nonetheless, this research provides valuable insights for the development of public administration systems in other countries
Referensi
Aderiska, M., 2021. Analisis Kualitas Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik Di Kantor Camat Kecamatan Meral Barat Kabupaten Karimun (Pendekatan Model Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan “PATEN”). Other thesis, Universitas Islam Riau..
Adithia, A., 2021. New Public Service Dalam Penerbitan Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) Di Kota Selat Panjang Kabupaten Kepulauan Meranti. Other thesis, Universitas Islam Riau.
Andi, M. M. & Dodi, F., 2019. PENGARUH PELAYANAN DAN LOYALITAS PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DALAM MENGURUS KARTU TANDA PENDUDUK DI KELURAHAN KELAPA GADING TIMUR DI JAKARTA UTARA. UTA 45, 5(2).
Barnesi, D. & Martinus, S., 2020. IMPLEMENTASI STRATEGI PENERAPAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (e-KTP) DI KABUPATEN MAMASA. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi .
Deswantara, I., 2011. Pelaksanaan KTP Siak Dalam Mendukung Tertib Administrasi Kependudukan di Kota Batam. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.
Dewi, S. O. & Nike, M. F., 2018. IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (KTP-EL) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TEMANGGUNG. JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara.
Fahmi, R., Siti, R. & Siswidiyanto, 2013. ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT (Studi tentang Pelayanan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kota Depok). Jurnal Administrasi Publik (JAP), 1(5), pp. 981-990 .
Muhammad, I., 2020. ANALISIS PELAYANAN PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (e-KTP) PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Novrilla, A., 2016. KINERJA PEGAWAI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (STUDI KASUS PELAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK DAN KARTU KELUARGA PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN ROKAN HULU). JOM FISIP, 3(2).
Purba, J. F., Tarigan, U., Nasution, I. & Suharyanto, A., 2018. Implementasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan dalam Pengurusan Kartu Tanda Penduduk Elektronik. PERSPEKTIF, 2(2), p. 77–83.
Rusdia, U., 2019. ANALISIS PELAYANAN PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (KTP-EL) DI KECAMATAN LEMBANG KABUPATEN BANDUNG BARAT. JISIPOL | Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(1), p. 104–113.
Supriyanto, D. F., Prabowo, S., Widodo, A. S. & Eldo, D. H. A. P., 2021. Analisis Kinerja Pelayanan Publik di Masa Pandemi (Studi Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) Kabupaten Karawang). Jurnal Ranah Publik Indonesia Kontemporer (Rapik), 1(1), p. 40–49.
Suriyani, E., 2018. EFEKTIVITAS PELAYANAN PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (KTP-EL) DI KANTOR KECAMATAN BINTANG ARA KABUPATEN TABALONG. PubBis : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Publik Dan Administrasi Bisnis, 1(2), p. 463–474.
Tarifu, L., 2020. IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DALAM PELAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA KENDARI. Journal Publicuho, pp. 233 -246.
Yusrizal, Meyzi, H. & Tua, H., 2018. KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN MASYARAKAT PADA PELAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (KTP-el). Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 15(1), pp. 96-104
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Prosiding
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.