GANGGUAN PELAFALAN FONEM TERHADAP ANAK-ANAK (BALITA) Suatu Kajian: Neurolinguistik
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian neurolinguistik, neurolinguistik adalah salah satu kajian
interdisplin ilmu antara ilmu linguistik dengan syaraf manusia. Di sini lebih mengutamakan
bagaimana manusia itu memperoleh bahasa. a. Untuk menjelaskan gangguan fonem apa saja yang
dialami oleh anak-anak di bawah usia lima tahun (balita) dalam bertutur setiap harinya. b. Untuk
menjelaskan peta fonem yang dilafalkan anak-anak tersebut c. Untuk menjelaskan gangguan saraf
apasaja yang terjadi pada anak-anak tersebut. Metode yang dipakai untuk mengumpulkan data ini
dalah metode simak, dengan teknik dasar sadap, teknik dasar lanjutan simak libat cakap (SLC),
teknik rekam, dan teknik catat. Untuk Metode analisa data peneliti menggunakan metode kontribusi
oleh Sudaryanto dengan teknik bagi unsur langsung (BUL) dan didukung oleh teknik pelepasan,
delesi, teknik lesap serta teknik ganti, substitusi, ekspansi, dan teknik perluas. Kemudian hasil
penelitian ini adalah: tuturan penutur barada pada tataran penultima dan ultima, penutur hanya
dapat melafalkan kata-kata berada pada tingkat sonoritas. Secara persentase fonem yang dapat
dituturkan hanya 9,7 % dan yang tidak dapat dituturkan 90,3 %.
References
Culture and Communication:
The Meaning of Messages. New
Jersey : Prentice-Hall, Inc.
Carstairs Andrew –McCarthy.2002. An
Introduction to English
Morphology: words and their
structure.EdinburghUniversity
Press.
Dewi, Yoffie Kharisma. 2013. Disfungsi
Bahasa Anak Retardasi Mental
Ringan: Studi Kasus Pada
Tuturan Yogi. (tesis): Padang :
Pascasarjana Universitas
Andalas.
Hartanto, Selina, Fitra. 2011. Pengaruh
Perkembangan Bahasa Terhadap
Perkembangan Kognitif Anak
Usia 1-3 Tahun.
Kridalaksana, Harimurti.
1993. KamusLinguistik. Jakarta: PT.
Gramedia
Pike, Kenneth Lee, 1976. Phonemics: A
Technical for Reducing
Languages to Writing. Ann
Arbor: The University of
Michigan Press.
Sastra, Gusdi, 2010, Neurolinguistik
Suatu Pengatar. Alfabeta
Bandung.
Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka
Teknik Analisis Bahasa,
Pengantar Penelitian Wahana
Kebudayaan Secara
Linguistis.Yogyakarta. Penerbit
Duta Wacana University Press.
Trask, R.L,. 1997. A student’s
Dictionary of Language and
Linguistics: Oxford University
Press Inc.
Winarsih, Suko, 2012. Ekspresi Tutur
Anak Tuna Rungu dalam Interaksi
di Kelas. Desertasi. Universitas
Negeri Malang.