PENGARUH PENGUNAAN SEARCH ENGINE (GOOGLE) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 BATAM
Keywords:
search engine (Google), Prestasi Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengguna Search engine (Google) berpengaruh terhadap terhadap prestasi Belajar siswa di SMK Negeri 1 Batam. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti melakukan pengumpulan data berupa data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa teknik, yaitu teknik wawancara, teknik observasi, teknik kuesioner, dan teknik dokumentasi. Objek penelitian hanya di ambil 1 sekolah yaitu SMK Negeri 1 Batam.Total responden yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 109 responden. Jumlah tersebut didapat dengan menggunakan rumus Taro Yamane. Adapun metode yang digunakan adalah metode survei yaitu dengan menggunakan kuesioner atau angket sebagai alat pengumpulan data. Tujuan penggunaan kuesioner adalah untuk memperoleh data primer dari responden yang dianggap mewakili populasi. Data primer tersebut selanjutnya dijadikan bahan analisis sebagai acuan untuk menarik kesimpulan dalam penelitian ini. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis dengan menggunakan bantuan aplikasi statistik SPSS 19. Untuk memperoleh gambaran mengenai variabel yang diteliti yaitu search engiene (Google) terhadap prestasi belajar siswa, peneliti melakukan analisis deskriptif, setelah hasilnya diperoleh dipaparkan secara deskriptif. Analisis selanjutnya adalah analisis verifikatif yaitu untuk mengukur pengaruh variable X dan variabel Y dan mengecek kebenaran hasil penelitian. Analisis verifikatif terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier sederhana, dan uji-t. Untuk menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini, peneliti melakukan analisis regresi sederhana, uji-t. Berdasarkan hasil pengujian melalui analisis regresi linier berganda, Hasil uji-t untuk variabel bebas Google diperoleh t-hitung 7,446> 1,98260 (t-tabel) dan nilai signifikan 0,000< 0,05 membuktikan variabel search engine (Google) secara individu berpengaruh terhadap variabel Prestasi Belajar Siswa.