PENGEMBANGAN MODUL PELATIHAN PENGENALAN DASAR BAHASA PEMROGRAMAN JAVA DENGAN MODEL ARCS
DOI:
https://doi.org/10.33884/cbis.v9i2.5475Keywords:
Modul, Pelatihan, Java, ARCSAbstract
Pengenalan bahasa pemrograman terhadap siswa sangat jarang dilakukan. Sebagai solusi bagi pengenalan bahasa pemrograman untuk siswa adalah dengan mengadakan pelatihan dan lokakarya bagi siswa. Modul pelatihan dikembangkan dengan menerapkan model ARCS (Attention, Relevance, Confidence dan Satisfaction) dengan tujuan meningkatkan motivasi siswa untuk mempelajari bahasa pemrograman lebih lanjut. Modul hasil pengembangan diterapkan pada pelatihan yang dilakukan pada siswa SMA Negeri 10 Kota Jambi. Peserta berjumlah 30 orang, yang terdiri dari siswa kelas 10 dan kelas 11. Peserta dimentori oleh 4 orang intrukstur yang sekaligus sebagai pengamat (Observer). Model ARCS dapat digunakan sebagai acuan dalam mengembangkan modul pelatihan pemrograman Java dengan tujuan untuk memotivasi dan antusiasme siswa. Modul telah digunakan pada pelatihan dasar pemrograman java pada SMA 10 Kota Jambi, dengan hasil pengamatan (skala 100), untuk perhatian siswa rata-rata 91.25, partisipasi 94, ketekunan 93.25, keterselesaian tugas 83.25, dan keaktifan 93.5.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Computer Based Information System Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.