Analisis Terhadap Data Penjualan Produk Kebutuhan Rumah Tangga Menggunakan Algoritma Apriori
DOI:
https://doi.org/10.33884/cbis.v7i1.847Keywords:
data mining, algoritma apriori, market basket analysisAbstract
Data mining merupakan teknik penambangan informasi dan pengetahuan berharga dari suatu database yang besar jumlahnya. Data mining mampu menganalisa data yang besar menjadi informasi berupa pola yang mempunyai makna sebagai alat pendukung keputusan. Salah satu teknik data mining yang dapat digunakan adalah association data mining atau yang biasa disebut dengan istilah market basket analysis. Market basket didefinisikan sebagai suatu itemset yang dibeli secara bersamaan oleh pelanggan dalam suatu transaksi. Market basket analysis adalah suatu alat yang ampuh untuk pelaksanaan strategi cross-selling. Metode ini dimulai dengan mencari sejumlah frequent itemset dan dilanjutkan dengan pembentukan aturan-aturan asosiasi (association rules). Dalam penelitian ini akan digunakan algoritma Apriori untuk membantu menemukan sejumlah aturan asosiasi dari kumpulan data transaksi penjualan produk rumah tangga di Toko Horas, sehingga output yang dihasilkan dari penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan dalam menerapkan strategi penjualan yang lebih baik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Computer Based Information System Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.