Implementasi Teknologi Informasi Website Pada Home Industry Sebagai Media Promosi Dan Penjualan (Studi Kasus: Usaha Roti Dapoer Yuri)
Teknologi Informasi
DOI:
https://doi.org/10.33884/cbis.v8i2.2421Kata Kunci:
Teknologi Informasi, Media Promosi, Penjualan Online, Industri RumahanAbstrak
Perkembangan teknologi informasi yang ada saat ini telah mengubah gaya hidup manusia menjadi jauh lebih mudah. Dalam melakukan penjualan terhadap roti yang diproduksi, usaha Roti Dapoer Yuri masih menerapkan sistem secara konvensional, strategi pemasarannya pun dilakukan secara langsung dengan cara melakukan pengantaran produk ke warung-warung, toko-toko bahkan ada sebagaian konsumen yang mendatangi langsung ke rumah untuk menjemput produk tersebut untuk dijual lagi kepada konsumen yang lainnya, sementara itu media promosi yang dilakukan saat ini hanya memanfaatkan konsumen yang pernah membeli roti tersebut, hal ini membuat penjualan kurang efektif dan promosi yang tidak banyak diketahui oleh orang banyak. Jika dilihat dari perkembangan teknologi sistem informasi yang berkembang saat ini Usaha Roti Dapoer Yuri sangat membutuhkan sebuah teknologi untuk meningkatkan penjualan dan sebagai media promosi produk yang bisa diakses secara online dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun, dimana pembeli mampu mengetahui informasi produk yang akan dijual dan melakukan transaksi pemesanan secara online. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah model waterfall yaitu melalui beberapa tahapan seperti analisis kebutuhan, desain sistem yang akan digunakan, pembuatan kode program dan pengujian sistem yang dibuat. Dalam melengkapi data agar tujuan bisa dicapai maka teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan studi. Sementara itu hasil dari implementasi teknologi informasi ini mampu memberikan peningkatan penjualan dan promosi yang lebih mudah.