IMPLEMENTASI ALGORITMA C4.5 DALAM PENENTUAN POLA PEMBELIAN PELANGGAN
DOI:
https://doi.org/10.33884/cbis.v10i2.6537Kata Kunci:
Data Mining, Data Transaksi, Apriori, Aturan Asosiasi, Pola PembelianAbstrak
PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk atau yang lebih dikenal dengan Alfamart merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang ritel yang mana perusahaan ini setiap harinya harus memenuhi kebutuhan konsumen. Selain itu, peletakan produk pada rak yang tidak sesuai dengan kebiasaan konsumen saat membeli produk secara bersamaan dalam satu waktu. Hal ini menyebabkan kekecewaan pada konsumen yang tidak dapat memenuhi kebutuhannya. Maka dari itu perusahaan harus mencermati pola pembelian yang dilakukan oleh konsumen. Untuk mengetahui produk yang dibeli secara bersamaan, menggunakan association rule (aturan asosiasi) yaitu teknik Data Mining untuk menemukan aturan asosiasi suatu kombinasi item. Proses pencarian asosiasi menggunakan metode algoritma C4.5 yang dapat menghasilkan pengetahuan yang terkandung dalam data transaksi pelanggan, mengenai pola pembelian oleh konsumen. Berdasarkan hasil perhitungan algoritma C4.5 yang memenuhi syarat nilai minimum confidence dan diuji dengan software Tanagra, pada toko Alfamart rule tertinggi yang muncul pada produk Kunci Mas Minyak Goreng Pch 1,8l dan Sedap Mie Kari Special 75G dengan nilai Support 43,3% dan confidence 92,8%, hal ini sama dengan perhitungan manual algoritma C4.5. Maka dapat dilakukan pengaturan tata letak produk secara berdekatan untuk memudahkan keberadaan produk tersebut dan memudahkan dalam menentukan persediaan produk promo yang diinginkan konsumen serta dapat digunakan sebagai pendukung keputusan manajer dalam mengelola aktifitas perusahaan.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Computer Based Information System Journal
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.