Analisis Pengaruh Blended Learning dan Sertifikasi Terhadap Kompetensi Mahasiswa

Penulis

  • Suwarno Suwarno Universitas Internasional Batam
  • Hendi Hendi Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.33884/cbis.v6i2.689

Kata Kunci:

Blended Learning, Sertifikasi, Kompetensi Mahasiswa

Abstrak

Pembelajaran dengan tambahan e-Learning lebih dikenal dengan nama Blended Learning. Pembelajaran ini dilakukan dengan mengkombinasikan perkuliahan reguler dengan perkuliahan secara online. Pembelajaran Blended Learning di perguruan tinggi, dikombinasikan dengan kebutuhan sertifikasi dari industri sehingga diharapkan dapat menunjang kompetensi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang analisis pengaruh Blended Learning dan sertifikasi terhadap kompetensi mahasiswa. Target khusus yang ingin dicapai adalah memberikan masukan yang komprehensif terhadap perguruan tinggi mengenai peningkatan kompetensi mahasiswa dengan dukungan metode pembelajaran yang sesuai. Metode yang akan dipakai adalah metode penelitian kuantitatif survei terhadap mahasiswa perguruan tinggi di Provinsi Kepulauan Riau; dibarengi dengan melakukan studi pustaka terhadap Aplikasi Pembelajaran Blended Learning dan sertifikasi dalam hubungannya dengan kompetensi mahasiswa. Manfaat utama dari penelitian ini adalah dapat memberikan kontribusi bagi manajemen perguruan tinggi dalam kaitannya dengan pengembangan sumber daya manusia, khususnya di Kepulauan Riau, sebagai provinsi terluar dari negara Kesatuan Republik Indonesia, agar tercapai kompetensi yang diharapkan. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa Blended Learning dan Sertifikasi secara simultan berpengaruh terhadap variabel Kompetensi.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-09-30

Cara Mengutip

Suwarno, S., & Hendi, H. (2018). Analisis Pengaruh Blended Learning dan Sertifikasi Terhadap Kompetensi Mahasiswa. Computer Based Information System Journal, 6(2), 1–8. https://doi.org/10.33884/cbis.v6i2.689

Terbitan

Bagian

Articles