PERANCANGAN GAME FPP MOUNTAIN CLIMBING LIFE SIMULATION MENGGUNAKAN METODE GDLC
DOI:
https://doi.org/10.33884/cbis.v12i1.8167Kata Kunci:
Game, Life Simulation, Panjat Tebing, GDLC, Sarana Pembelajaran.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah game bergenre life simulation dengan tema "FPP Mountain Climbing Life Simulation" sebagai alat hiburan dan sarana pembelajaran tentang aktivitas panjat tebing. Melalui proses Research & Development, penulis telah melakukan penelitian yang mendalam untuk mengidentifikasi kebutuhan dan persyaratan dalam merancang game ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game ini dapat menjadi alat hiburan yang menggabungkan realisme panjat tebing dengan elemen game life simulation, yang memungkinkan pemain untuk mengalami pengalaman panjat tebing secara virtual. Selain itu, metode kualitatif expert-interview digunakan untuk memahami lebih dalam tentang panjat tebing, dengan mewawancarai ahli dan individu yang berpengalaman dalam aktivitas tersebut. Metode Game Development Life Cycle (GDLC) digunakan dalam tahap Development untuk merancang dan mengembangkan game ini. Game "FPP Mountain Climbing Life Simulation" memiliki potensi sebagai alat pembelajaran yang efektif untuk mengajarkan teknik, persiapan, dan langkah-langkah yang diperlukan dalam panjat tebing, serta pentingnya keselamatan. Saran yang diajukan adalah melakukan pengembangan lebih lanjut pada game ini, menyediakan panduan yang lebih rinci, mempromosikan game kepada komunitas panjat tebing, dan melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengukur efektivitas game sebagai alat pembelajaran.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Computer Based Information System Journal
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.