PERANCANGAN UI/UX DELIVERY MOBILE APP DENGAN METODE DESIGN THINKING DAN USABILITY SCALE
DOI:
https://doi.org/10.33884/cbis.v12i1.8242Kata Kunci:
design thinking, user interface, user experience, SUS, jasa pengirimanAbstrak
Jasa pengiriman merupakan salah satu sektor dalam dunia bisnis yang berpengaruh dalam perkembangan bisnis, seiring dengan meningkatnya perilaku masyarakat dalam berbelanja online. Dengan pertumbuhan yang signifikan pada sektor jasa kurir dan pengiriman barang, banyak individu atau industri jasa kurir dan pengiriman barang yang berusaha mengadopsi teknologi yang dapat mendukung kemudahan proses pengiriman dengan manajemen yang efektif untuk digunakan. Pada umumnya, masalah yang dihadapi ketika merancang sebuah aplikasi adalah tidak sesuai dengan kebutuhan pengguna, sehingga mengakibatkan program gagal mencapai tujuannya. Salah satu metode yang dianggap mampu menyelesaikan permasalahan tersebut adalah metode design thinking. Penelitian ini membahas tentang Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile Delivery yang mengimplementasikan pendekatan design thinking dengan tujuan untuk memberikan kelancaran pengiriman barang. Penggunaan Aplikasi Mobile Delivery ditujukan kepada pengirim untuk meningkatkan kelancaran dan kemudahan dalam proses pengiriman barang serta antarmuka yang sesuai dengan kebutuhan pengirim. Pengujian prototipe dengan menggunakan System Usability Scale (SUS) menghasilkan nilai 82 dan nilai kata sifat 'B' atau 'Excellent'.##submission.downloads##
Diterbitkan
2024-03-27
Cara Mengutip
Saddyah, T. M., & Saragih, S. P. . (2024). PERANCANGAN UI/UX DELIVERY MOBILE APP DENGAN METODE DESIGN THINKING DAN USABILITY SCALE. Computer Based Information System Journal, 12(1), 39–51. https://doi.org/10.33884/cbis.v12i1.8242
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Computer Based Information System Journal
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.