PENERAPAN ALGORITMA C4.5 UNTUK MEMPREDIKSI PENJUALAN BARANG PADA PT PRIMA NIAGA INDOMAS
DOI:
https://doi.org/10.33884/cbis.v12i1.8328Kata Kunci:
Data Mining, Prediksi Penjualan, algoritma C4.5Abstrak
Dalam menghadapi dinamika bisnis yang kompetitif dan berubah cepat, PT Prima Niaga Indomas, perusahaan distribusi makanan kuaci, menghadapi tantangan untuk mengoptimalkan penjualan produknya. Kemampuan meramalkan penjualan dengan akurat menjadi krusial untuk menjaga efisiensi persediaan, menghindari overstock, dan memenuhi permintaan pelanggan. Penelitian ini bertujuan menerapkan algoritma C4.5 dalam memprediksi penjualan produk makanan kuaci di PT Prima Niaga Indomas. Lokasi PT Prima Niaga Indomas terletak di Puri Industrial Park 2000 Blok D No. 5, Batam Centre, Kota Batam, Kepulauan Riau. Dengan memanfaatkan data historis penjualan, informasi produk, faktor pemasaran, dan variabel eksternal, penelitian ini berusaha mengembangkan model prediksi untuk membantu perusahaan meramalkan penjualan produk kuaci secara lebih akurat. Analisis data dilakukan dengan menerapkan algoritma C4.5 menggunakan perangkat lunak WEKA versi 3.8.5, dengan perhitungan manual sebagai pembanding menggunakan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan keakuratan data pada aturan pengantaran, daya tahan, harga, ukuran, dan kualitas. Peneliti menggunakan dua variabel keputusan, yaitu laku atau tidak laku. Penelitian ini memberikan wawasan berharga tentang cara optimal mengelola stok, mengidentifikasi tren penjualan, dan merespons perubahan pasar dengan lebih cepat. Implikasinya, PT Prima Niaga Indomas dapat memanfaatkan model prediksi ini untuk meningkatkan efisiensi operasional dan produktivitas.
Kata Kunci: Algoritma C4.5, Data Mining, Prediksi Penjualan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Computer Based Information System Journal
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.