PLATFORM DIGITAL SIARAN SUARA BERBASIS ON DEMAND

STUDI DESKRIPTIF PODCAST DI INDONESIA

Authors

  • meisyanti meisyanti UNIVERSITAS PERSADA INDONESIA YAI
  • Woro Harkandi Kencana UNIVERSITAS PERSADA INDONESIA YAI

DOI:

https://doi.org/10.33884/commed.v4i2.1547

Keywords:

poadcast, platform digital suara, on demand

Abstract

Perkembangan teknologi dan internet mengakibatkan semakin mudahnya masyarakat untuk mengakses media yang sesuai dengan kebutuhan dan kemauan mereka. Hal ini juga memengaruhi dalam memproduksi konten siaran suara, salah satu bentuk siaran suara adalah podcast. Saat ini podcast mengalami perkembangan pesat. Di Indonesia sendiri, podcast banyak diproduksi oleh para kreator secara individu bahkan media massa di Indonesia juga turut membuat podcast. Karakteristik yang dimiliki podcast sama seperti yang dimiliki oleh radio, bedanya adalah podcast berbasis on demand atau sesuai dengan kebutuhan pendengarnya. Sehingga tidak heran kalau banyak kategori-kategori podcast yang disesuaikan dengan kebutuhan pendengarnya. Podcast yang bisa didengar menggunakan layanan streaming juga mengakibatkan munculnya beberapa aplikasi streaming seperti PodMe dan Noice selain Spotify yang memang sudah menjadi aplikasi streaming auditori populer. Ke depan tidak menutup kemungkinan podcast akan semakin berkembang pesat di Indonesia dan dapat melengkapi siaran radio sekaligus menjadi alternatif dari konten yang berbentuk video. Konten podcast juga bisa dipastikan akan berkembang dengan adanya kreativitas dari para kreator podcast yang disesuaikan dengan karakteristik podcast yaitu berbasis on demand atau sesuai dengan kebutuhan atau kemauan pendengar

References

Fadilah, E., Yudhapramesti, P., & Aristi, N. (2017). Podcast sebagai Alternatif Distribusi Konten Audio. Kajian Jurnalisme, 1(1).
Geoghegan, Michael W., Klass, Dan. (2007). Podcast Solutions: The Complete Guide to Audio and Video Podcasting. USA: Friendsof.
Harliantara, H. (2019). Website pada Industri Penyiaran Radio di Indonesia: Live Streaming dan Podcasting. Jurnal Studi Komunikasi, 3(1), 82-100.
Hennig,N. (2017). Why Podcasts?. Library Technology Reports, 53(2), 5-9.
Rusdi, F. (2019). Podcast sebagai Industri Kreatif. SNIT 2012, 1(1), 91-94.
Vogt, N. (2016). Podcasting: fact sheet. Pew Research Center.
Dailysocial.id/post/laporan-dailysocial-penggunaan-layanan-podcast-2018. Diakses tanggal 20 Oktober 2019.
https://www.idntimes.com/tech/trend/izza-namira-1/perkembangan-podcast-di-indonesia/full. Diakses tanggal 20 Oktober 2019.
https://www.nielsen.com/id/en/press-releases/2016/radio-masih-memiliki-tempat-di-hati-pendengarnya/. Diakses tanggal 21 Oktober. 2019.
https://tirto.id/hikayat-podcast-cufm. Diakses tanggal 21 Oktober 2019.
(https://billboardid.com/kebangkitan-podcast-di-indonesia-dan-kurangya-\podcast-musik-lokal/. Diakses tanggal 22 Oktober 2019.
https://tirto.id/noice-aplikasi-streaming-radio-digital-luncurkan-versi-terbarunya-ekBz. Diakses tanggal 22 Oktober 2019.
https://review.bukalapak.com/techno/keunikan-podcast-dan-cara-membuatnya-jadi-media-kreatifmu-oleh-atsheggario-78184. Diakses tanggal 22 Oktober 2019.
https://www.spotify.com/id/. Diakses tanggal 23 Oktober 2019.
http://noice.id/. Diakses tanggal 23 Oktober 2019.
https://www.podme.id/. Diakses tanggal 23 Oktober 2019.

Downloads

Published

2020-02-23