Analisis Keputusan Nasabah Menabung: Studi Kasus pada Bank Syariah di Kota
Keywords:
Cohran, Keputusan Nasabah, Bank IslamAbstract
Perkembangan industri perbankan dan jasa keuangan telah mengalami kemajuan yang pesat beberapa tahun terakhir ini sebagai akibat dari kemajuan teknologi dan kebijaksanaan deregulasi. banyak hal yang mendorong seorang calon nasabah yang untuk memilih sebuah bank dan masih banyak masyarakat yang ragu-ragu untuk menabung di bank syariah hal ini dikarenakan masyarakat kurang mengetahui informasi tentang bank syariah, tidak mengetahui informasi bank syariah dan tidak memahami sistem bagi hasil diperbankan Syariah, dengan analisis Pendekatan analisi cohran, Penelitian bertujuan, Pertama untuk mengetahui Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam menabung di bank syariah, kedua Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap keputusan nasabah dalam memilih bank syariah dan ketiga untuk mengetahui faktor manakah yang paling dominan terhadap keputusan nasabah dalam menabung di bank syariah. Berdasarkan hasil Pengujian diperoleh asymp sig di bawah 0,05 artinya pada indikator eksternal memperoleh hasil signifikan hal ini membuktikan adanya faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam menabung di bank syariah di Kota Batam, kesimpulan dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa variabel yang dominan yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam menabung di bank syariah antara lain Faktor karakteristik pada indikator, Memperhatikan bagi hasil, sedangkan pada Faktor pelayanan dan kepercayaan pada indikator, Mampu memberikan kepercayaan dan keyakinan, Pelayanan cepat, tepat, sesuai dan terpercaya, Pelayanan yang sopan, ramah dan Faktor pengetahuan pada indicator, Mengetahui sistem perbankan Syariah, Mengetahui informasi bank Syariah dan Pengaruh nama dan citra bank.
References
Ahn, j., & rho, t. (2014). Influence of customer–firm relationships on customer participation in the service industry. Service business, 10.
Alamsyah, h. (2015). Perkembangan dan prospek perbankan syariah indonesia : ikatan ahli ekonomi islam, (april 2012), 1–8.
Bi. (2018). Perkembangan impresif bank syariah. Retrieved july 8, 2018, from www.bi.go.id: http://www.bi.go.id/id/perbankan/edukasi/documents/99b0070d6f65481496d34a9ca4b0f7f0 perkembangan_ impresif_ib_ perbankan_syariah.pdf
Bompolis, & boutsouki. (2014). Customer relationship management in the era of social web and social customer: an investigation of customer engagement in the greek retail banking se. Sosial and behavior science, 148.
Dabholkar. (2014). How to improve perceived service quality by increasing customer participation pratibha. Proceedings academy of marketing science (ams) annual conference, 483–484.
Daulay, r. (2014). Pengaruh kualitas pelayanan dan bagi hasil terhadap keputusan menabung nasabah pada bank mandiri syariah di kota medan. Jurnal riset akuntansi dan bisnis, 12(1), 1–15.
Dong, b., evans, k. R., & zou, s. (2010). The effects of customer participation in co-created service recovery. Journal of the academy of marketing science, 36(1).
Hassan, i., eljelly, & abdullah. (2016). Consumers’ attitude towards e-banking services in islamic banks: the case of sudan. Review of international business and strategy, 26(2).
Kasmir. (2014). Dasar-dasar perbankan (revisi). Jakarta: raja grafindo persada.
Kotler. (2012). Manajemen pemasaran (13th ed.). Erlangga.
Lujja, s., mohammed, m. O., & hassan, r. (2018). Islamic banking : an exploratory study of public perception in uganda. Journal of islamic accounting and business research, 9(3).
Maski, g. (2010). Analisis keputusan nasabah menabung : pendekatan komponen dan model logistik studi pada bank syariah di malang. Journal of indonesian applied economics, 4(1), 43–57.
Ojk. (2018). Sejarah bank syariah. Retrieved july 10, 2018, from http://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/tentang-syariah/pages/sejarah-perbankan-syariah.aspx
Stoner, & charles. (2012). Perencanaan dan pengambilan keputusan. Jakarta: rineka cipta.
Umair riaz, musafar khan, n. K. (2017). An islamic banking perspective on consumers ’ perception in pakistan. Qualitative research in financial markets, 9(4). Https://doi.org/10.1108/qrfm-03-2017-0020
Yulianto, f., yuniarinto, a., & surachman. (2010). Analisis pengaruh faktor bauran pemasaran terhadap pertimbangan nasabah dalam memilih bank syariah di kota medan. Wacana, 13(4), 537–551.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi (SNISTEK)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.