Pengaruh Utilitarian Value Dan Hedonik Value terhadap Kepuasan Pelanggan Toserba Ridho di Bintan
Kata Kunci:
Utilitarian Value, Hedonik Value, Kepuasan PelangganAbstrak
Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui: 1). Utilitarian value berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, 2). Hedonik Value berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. 3).Untuk mengetahui apakah Utilitarian value dan Hedonik Value berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. 4).Untuk mengukur seberapa besar pengaruh Utilitarian value dan Hedonik Value berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Toserba Ridho di Bintan. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan rumus slovin, maka yang diambil sebanyak 243 orang responden. Hasil penelitian ini diperoleh : hasil uji t variable Utilitarian Value (X1) terhadap kepuasan pelanggan (Y) diperoleh nilai t hitung sebesar 5,905 yang mana lebih besar dari t table (5,905 > 1,9719) dengan signifikan yang lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Pada variable Hedonik value (X2) terhadap kepuasan pelanggan (Y) diperoleh nilai t hitung sebesar 10,192 yang mana lebih besar dari t table (10,19 > 1,9719) dengan signifikan yang lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Persamaan regresi linier berganda Y = (-1.351) + 0,413 (X1) + 0,674 (X2) + e. Kesimpulan dari penelitian ini dapat diketahui bahwa variabel Utilitarian value dan Hedonik Value berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Toserba Ridho di Bintan.
Referensi
Luh, N., Purnami, A., Ayu, I. G., & Giantari, K. (2017). Utilitarian Dan Nilai Hedonik Dengan Loyalitas Konsumen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia, 6(3), 1194–1220.
Nugroho, E. P. (2011). Kepuasan Konsumen Pengguna Notebook Acer ( Studi Kasus Mahasiswa Unnes Fakultas Ekonomi ).
Sofiyudin, A. (2015). Pengaruh utilitarian value dan hedonic value terhadap kepuasan konsumen indomaret point cabang colombo yogyakarta. Jurnal Marketing, 1(1), 1–66.
Sugiyono. (2012). Metode Kuantitatif Dan Metode Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta
Tanojohardjo, G. A., Kunto, Y. S., Sc.M, S. S., & Brahmana, K. R. R. M. (2014). Analisa Hedonic Value Dan Utilitarian Value Terhadap Brand Trust Dengan Brand Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Pewarnaan L ` Oréal ProfessionnelP. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–11.
Yistiani, N. N. manik, Yasa, N. N. K. Y., & Suasana, I. G. . K. G. (2012). Pengaruh atmosfer gerai dan pelayanan ritel terhadap nilai hedonik dan pembelian impulsif pelanggan matahari department store duta plaza di denpasar. Manajemen Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 6(2), 139–149. https://doi.org/10.1186/s12967-017-1232-
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Prosiding
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.