Evaluasi Pentingnya Lokasi Sentra Oleh-Oleh untuk Pariwisata Kota Batam

Penulis

  • Nofriani Fajrah Universitas Putera Batam
  • Sri Zetli Universitas Putera Batam

Kata Kunci:

Lokasi, Pariwisata, Sentra Oleh-oleh

Abstrak

Kota Batam kini mulai berubah menjadi kota pariwisata. Namun pariwisata Batam belum dilengkapi dengan pusat penjualan cinderamata untuk mengenalkan ciri khas kota Batam. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pentingnya ketersediaan sentra oleh-oleh untuk Wisata Kota Batam. Metode yang digunakan adalah model deskriptif-kuantitatif dari data yang telah dikumpulkan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode suara pelanggan untuk mengetahui gap kebutuhan sentra oleh-oleh bagi wisatawan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa lokasi sentra oleh-oleh sangat penting untuk menunjang Pariwisata Batam. Hal ini dikarenakan oleh-oleh merupakan bagian dari proses pengenalan budaya suatu daerah kepada wisatawan. Oleh karena itu Pemerintah Kota Batam perlu memperhatikan kebutuhan wisatawan yang berwisata ke Kota Batam dengan menyediakan pusat oleh-oleh yang ada di pusat wisata Kota Batam.

Referensi

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, P. K. (2019, Agustus 2). Kunjungan Wisman ke Batam Naik 20 Persen. Retrieved from Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kota Batam: https://disbudpar.batam.go.id/2019/08/02/kunjungan-wisman-ke-batam-naik-20-persen/
Goo, Y. J., & Shen, M. J. (2011). The Relationship Between Authenticity and The Souvenir Purchase Intent. Pan-Pacific Management Review, 14(2), 109-129.
Han, P. (2018). Culture and Souvenir Shopping: How do Chinese Cultural Values Play a Role in Outbound Chinese Tourists’ Souvenir Shopping? Norway: Department of Tourism and Northern Studies, The Arctic University of Norway.
Héroux, L., & Church, N. J. (2014). Marketing Strategies of Gift and Souvenir Shops in Canada and the United States: A Comparative Exploratory Study. Tourisme en Amérique latine, 33(2).
Horodyski, G. S., Manosso, F. C., Bizinelli, C., & Gândara, J. M. (2014). Gastronomic Souvenirs as Travel Souvenirs: A Case Study in Curitiba, Brazil. Via Tourim Review, 6(01).
Marzouki, S. Y. (2020). Studying the Vital Role of Souvenirs Industry as an Essential Component of Tourist Experience: A Case Study of the United Arab Emirates (UAE). Journal of Tourism, Hospitality and Sports, 46, 24-33.
Nurhadi, F. D., Mardiyono, & Rengu, S. P. (2014). Strategi Pengambangan Pariwisata oleh Pemerintah Daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 2(2), 325-331.
Penerliev, M. (2012). The Souvenir Industry as an Additional Tourist Activity. Quaestus: Multidiciplinary Research Journal, 03, 67-72.
Saroh, S., Suharyono, Fauzi, A., & Utami, H. N. (2016). Model of Consumer Behavior in Buying Souvenirs in Tourism Area. International Journal of Management and Administrative Sciences (IJMAS), 3(4), 34-47.
Singh, M. (2017). Community Perspective on Role of Souvenirs in Tourism Promotion – A Case Study of Basholi, Jammu, J&K. OSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM), 19(11), 28-33.
Wilkins, H. (2011). Souvenirs: What and Why We Buy. Journal of Travel Research(December), 1-23.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-01-27

Cara Mengutip

Fajrah, N., & Zetli, S. (2021). Evaluasi Pentingnya Lokasi Sentra Oleh-Oleh untuk Pariwisata Kota Batam. Prosiding, 3, 120–125. Diambil dari https://forum.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/article/view/3625

Terbitan

Bagian

Articles