Digital Marketing Sosial Media Gaming Berbayar

Penulis

  • Kiki Sumanti Universitas Putera Batam
  • Nur Elfi Husda Universitas Putera Batam
  • Juwintar Febriani Arwan Universitas Pendidikan Indonesia

Kata Kunci:

Sosial Media, Gaming, Digital Marketing

Abstrak

Sosial media sudah sangat melekat untuk efisiensi dan efektivitas digital marketing. Dalam dunia memasarkan produk game, sosial media juga difungsikan sebagai fasilitas tambahan untuk memberikan kenyamanan dan alternatif bagi pengguna. Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk membahas dan mengetahui konsep bisnis sosial media gaming berbayar, strategi yang tepat untuk sosial media gaming berbayar, implementasi marketing mix untuk bisnis sosial media berbayar, dan marketing komunikasi untuk bisnis sosial media gaming berbayar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deksripsi dengan metode penelitian literatur guna mendeskripsikan kajian untuk tujuan penelitian. Adapun hasil dari penelitian ini adalah membahas secara deskripsi sosial media gaming berbayar, strategi marketing sosial media gaming berbayar, marketing mix sosial media gaming berbayar, dan marketing komunikasi sosial media gaming berbayar. Dan hasil penelitian ini juga membahas terkait rancangan canvas sosial dan SOSTAC media gaming berbayar yang bernama MaYo!! untuk menganalisis pembukaan usaha sosial media gaming ini. MaYo!! diperuntukkan untuk gamers agar dapat berinteraksi satu sama lain layaknya seperti fungsi sosial media lain yang dapat menambahkan dan chatting dengan gamers lain. Melalui MaYo!! players juga dapat memilih joki untuk memainkan akun permainannya sampai ke tingkat yang diinginkan dan dapat juga memilih teman main yang tersedia untuk membantu meningkatkan peringkat dan meraih kemenangan

Referensi

Abdul Aziz, R. (2020). Digital Marketing Content [E-book].

Chaffey, D., & Ellis Chad-wick, F. (2020). Digital Marketing Strategy, Implementation and Practice [E-book].

Discord and The Harbormen Gaming Community. (2019).

Google Play. (2022). Google Play. Retrieved January 1, 2022, from https://play.google.com/

Irmayani, & Anas, M. (2020). Analyze The Student’s Behaviour, Addicted to Mobile Legend Online Game (MOBA). Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 6. https://doi.org/10.26858/jpkk.v6i2.13862

KKBI. (2012). KBBI. Retrieved January 1, 2021, from https://kbbi.web.id

Kustiyani, R. (2019). Adiksi Game Online Mobile Legend Pada Anak. Jurnal Psikologi Terapan [JPT], 2(1).

McCay-Peet, L., & Quan-Haase, A. (2017). What is Sosial Media and What Questions Can Sosial Media Research Help Us Answer? [E-book]. SAGE Publications

Rioja, A. (2021, May 20). How Does Discord Make Money? Is it Profitable? Alejandro Rioja. https://alejandrorioja.com/how-does-discord-make-money/

The World’s most popular video game chat app is now worth more than $2 billion, as it gears up to take on the makers of “Fortnite.” (2018, December 22). Business Insider. https://www.businessinsider.com/discord-funding-2-billion-value-2018-12?IR=T

Zahay, D. (2020). Digital Marketing Management (2nd ed.) [E-book]

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-01-21

Cara Mengutip

Sumanti, K. ., Husda, N. E. ., & Arwan, J. F. . (2022). Digital Marketing Sosial Media Gaming Berbayar. Prosiding, 4, 188–193. Diambil dari https://forum.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/article/view/5251

Terbitan

Bagian

Articles