Analisis Persepsi Masyarakat Dalam Memilih Perbankan Syariah Di Kota Batam
Kata Kunci:
Analisis Persepsi; Bank syariah; Cochran Q test.Abstrak
Bank syariah adalah segala sesuatu yang menyangkut bank syariah dan unit usaha syariah, mencakup kelembagaan, mencakup kegiatan usaha, serta tata cara dan proses di dalam melaksanakan kegiatan usahanya, Salah satu alasan masyarakat memilih suatu Bank adalah apakah Bank tersebut dapat memberikan keuntungan dan kemudahan bagi mereka, Setiap nasabah akan memperhatikan dan mempertimbangkan berbagai faktor-faktor tertentu untuk memutuskan menabung. Selain itu nasabah juga memperhatikan kualitas pelayanan serta produk yang ditawarkan sehingga nasabah termotivasi untuk menggunakannya. Dari berbagai faktor tersebut. Secara nasional pertumbuhan perbankan syariah mengalami peningkatan, namun khusus untuk Propinsi Kepulauan Riau pertumbuhan perbankan syariah justru mengalami penurunan, berdasarkan permasalahan tersebut dengan menggunakan alat analisis cochran Q test peneliti mencoba melakukan kajian apakah adanya faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam menabung di bank syariah di kota Batam, dan Apakah adanya faktor dominan yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam menabung di bank syariah di Kota Batam, hasil penelitian ini menemukan bahwa adanya faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam menabung di bank syariah di Kota Batam, Selain itu dari variable eksternal variable yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan nasabah dalam menabung di bank syariah di Kota Batam yaitu pada Faktor budaya pada indikator kebudayaan Negara dan Faktor promosi pada indikator kemudahan dan variabel internal yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan nasabah dalam menabung di bank syariah di Kota Batam yaitu Faktor pelayanan pada indikator Kesopanan para pegawai dan Faktor fasilitas pada indikator ATM.
Referensi
Bank Indonesia. (2016). Kajian Ekonomi Regional. Retrieved from www.bi.go.id:http://www.bi.go.id/id/publikasi/kajian-ekonomi-regional/kepri/ ContentImages/Kajian%20Ekonomi %20 Regional% 20Provinsi %20 Kepulauan%20Riau%20Tw%20I%202014.pdf
BI. (2016). Perkembangan Impresif bank syariah. Retrieved from www.bi.go.id: http://www.bi.go.id/id/perbankan/edukasi/Documents/99b0070d6f65481496d34a9ca4b0f7f0 Perkembangan_ Impresif_iB_ Perbankan_Syariah.pdf
Cannon, J. p., Perreault, W. D., & McCarthy, E. J. (2008). Pemasaran Dasar : Pendekatan Manajerial Global. Jakarta: Salemba Empat.
Haryadi. (2007). Persepsi masyarakat terhadap Bank syariah. Jurnal bisnis dan manajemen, 189.
Jogiyanto (2012) metodologi penelitian bisnis. Yogyakarta: BPFE
Kasmir. (2008). Bank dan lembaga keuangan lainnya. jakarata: Rajawali Press.
Kasmir. (2012). Dasar-dasar perbankan. Jakarta: Raja grafindo persada.
Kompas. (2016, mei minggu). Tiga Masalah Terbesar di Bank Syariah. Retrieved frombisniskeuangan.kompas.com:http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2012/08/13/Tiga.Masalah.Terbesar.di.Bank.Syariah
Kotler, & Keller. (2012). Marketing manajement. New jersey: Pretince hall.
Maski, G. (2010). Analisis Keputusan Nasabah Menabung: Pendekatan Komponen Dan Model Logistik Studi Pada Bank Syariah Di Malang. Journal of Indonesian Applied Economics, 44.
OJK. (2016). Sejarah Bank Syariah. Retrieved fromwww.ojk.go.id:http://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/tentangsyariah/Pages/Sejarah-Perbankan-Syariah.aspx
Omar, W. A., & Rahim, H. A. (2016). Perception of Non-Muslims towards Islamic Banking Revisited: SEM Approach. Mediterranean Journal of Social Sciences, 139.
Schiffman, & Kanuk. (2008). Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks.
Yulianto, F., Yuniarinto, A., & Surachman. (2010). analisis pengaruh faktor bauran pemasaran terhadap pertimbangan nasabah dalam memilih bank syariah di kota Medan. Wacana, 537.
Yupitri, E., & Sari, R. L. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Non Muslim Menjadi Nasabah Bank Syariah Mandiri Di Medan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 49.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2018 Prosiding
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.