Perancangan Dan Pembuatan Aplikasi Wisata Kuliner Kota Batam Berbasis Android
Kata Kunci:
Android; Batam; Wisata Kuliner.Abstrak
Wisata kuliner sudah menjadi hobi banyak orang ketika berada di suatu daerah baru. Batam merupakan salah satu destinasi wisata kuliner yang sering dikunjungi. Hal ini dikarenakan Batam berada di jalur pelayaran internasional yang berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia. Seringkali Batam dijadikan objek wisata yang memudahkan orang-orang mengunjungi negara tetangga. Batam memiliki kuliner yang beragam, karena penduduk Batam terdiri dari berbagi suku dan budaya. Mulai dari makanan khas Aceh seperti mie aceh sampai dengan khas Manado seperti ikan bakar. Salah satu makanan yang khusus hanya dibatam yaitu Gong-gong yang hanya dijual di restoran seafood tertentu di Batam. Informasi untuk mendapatkan tempat wisata kuliner sering kali sulit didapatkan dan juga jarang diperbaharui. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai wisata kuliner di Batam berbasis Android. Penggunaan Smartphone sudah merupakan kebutuhan pokok. Banyak wisatawan yang mencari informasi menggunakan internet melalui smartphone mereka. Salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan adalah sistem operasi Android. Sistem operasi Android sangat membantu penggunanya dalam berbagai kegiatan sehari-hari. Dengan adanya aplikasi yang berjalan di sistem operasi Android pada tiap smartphone wisatawan, maka mereka dapat mencari informasi kuliner melalui smartphone dimanapun mereka berada. Kesimpulan dari penelitian ini adalah telah dibuat aplikasi berupa tempat wisata kuliner di Kota Batam berbasis Android yang dirancang untuk pengguna smartphone agar lebih memudahkan para wisatawan memperoleh informasi.
Referensi
Hakim, R., & Ir. Sutarto, M. S. (2009). Mastering Java. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Kumar, L. A. (2012). Mobile Application for News and Interactive Services. ARPN Journal of Science and Technology, 2(1), 401–404. https://doi.org/10.1109/ICCOMM.2010.5509007
Lengkong, H. N., Lumenta, A. S. M., & Sinsuw, A. A. E. (2015). Perancangan Penunjuk Rute Pada Kendaraan Pribadi Menggunakan Aplikasi Mobile GIS Berbasis Android Yang Terintegrasi Pada Google Maps. E-Journal Teknik Elektro Dan Komputer (2015), 18–25.
Murtiwiyati, & Glenn, L. (2013). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android. Jurnal Ilmiah KOMPUTASI, 12(2), 1–10.
Ramadhan, F., & Nugraha, C. (2014). Pemodelan dan Simulasi Berbasis Agen untuk Sistem Industri Kuliner, 1(3), 101–113.
Sudana, I. P. (2013). Analisis Pariwisata. Strategi Pengembangan Desa Wisata Ekologis Di Desa Belimbing, Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan, 13(1), 21.
Vega-gisbert, O., Roman, J. E., & Squyres, J. M. (2016). Design and implementation of Java bindings in Open MPI. Parallel Computing, 59, 1–20. https://doi.org/10.1016/j.parco.2016.08.004
Wardhani, R., & Yaqin, M. H. (2013). Game Dasar- Dasar Hukum Islam Dalam Kitab Mabadi ’ ul Fiqh Jilid I. Jurnal Teknika, 5(2), 473–478.
Windarti, Y. (2016). Local Government Attitudes toward Sustainable Tourism Development ( Case of Bandung City , Indonesia ), 6(7). https://doi.org/10.7763/IJSSH.2016.V6.709
Zaei, M. E., & Zaei, M. E. (2013). the Impacts of Tourism Industry on Host Community. European Journal of Tourism Hospitality and Research, 1(2), 12–21.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2018 Prosiding
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.