Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan di Sun Bread Batam

Penulis

  • Gustina Marpaung Universitas Putera Batam
  • Daris purba Universitas Putera Batam

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari apakah ada pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan pelanggan pada New Sun Bread KDA yang berlokasi di Batam. Penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif kausal dan menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yang ditulis oleh peneliti dalam formulir kuesioner. Pengambilan sampel menggunakan metode insidental dan rate hanya mencapai 5% sehingga dapat diambil sampel sebanyak 186 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Sehingga hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, dan hal ini juga dibuktikan dengan hasil pengujian yang juga menunjukkan > t tabel, sedangkan variabel promosi tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. dan juga hal ini dapat dibenarkan karena pada pengujian sebelumnya dimana akun < ttabel dan hasilnya signifikan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel X1 terhadap variabel Y, sedangkan untuk X2 tidak ada pengaruh terhadap Y namun terdapat pengaruh yang signifikan antara kedua variabel yaitu X secara simultan terhadap variabel Y. variabel Y.

 

Kata Kunci: Kepuasan Pelanggan; Promosi; Kualitas Layanan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-15