PENGARUH CITRA MEREK, KEPERCAYAAN MEREK DAN KESADARAN MEREK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PRODUK SOSRO DI KOTA BATAM

Penulis

  • Sallyna Universitas Putera Batam
  • Asron Saputra Universitas Putera Batam

Kata Kunci:

Citra Merek, Kepercayaan Merek, Kesadaran Merek, Loyalitas Konsumen

Abstrak

Berkembangnya suatu perusahaan berkaitan dengan bagaimana cara suatu perusahaan memenangkan persaingan bisnis. Strategi pemasaran harus dipertimbangkan supaya produk yang diproduksi dapat diterima dengan baik oleh konsumen yang menggunakan prosuk tersebut. Perusahaan diharapkan dapat bersaing dengan pesaing dan menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi yang kini semakin berkembang. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek, kepercayaan merek dan kesadaran merek terhadap loyalitas konsumen produk Sosro di Kota Batam. Perancangan penelitian ini menggunakan desain penelitian dan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada pelanggan produk Sosro di Kota Batam. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Purposive Sampling dengan jumlah populasi sebanyak 550 pelanggan maka jumlah sampel diambil dengan menggunakan perhitungan rumus slovin sebanyak 232 pelanggan. Peneliti menggunakan alat pengelola data SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek, kepercayaan merek dan kesadaran merek secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa citra merek, kepercayaan merek dan kesadaran merek mempengaruhi loyalitas konsumen sebesar 72,1% dan sisanya sebear 27,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-09-13