EFEKTIFITAS MEDIA AUDIO VISUALDALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.33884/basisupb.v5i1.454Kata Kunci:
audio visual, speaking englishAbstrak
Media ada di mana-mana; media sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita. Pada saat ini Orang-orang lebih mudah mendapatkan informasi dan pencerahan berkat layanan media. Walaupun ada Keluhan tentang efek negatifnya telah didengar dan bahkan mereka yang mengkritik media untuk dampak negatifnya tidak dapat mengabaikan fakta bahwa media dapat digunakan sebagai alat yang efektif untuk mendidik, menginformasikan dan menghibur. Untuk berbagai alasan, Audio visual Media, terutama video pasti diakui sebagai salah satu alat paling efektif dalam pendidikan. Tujuan Untuk mengetahui pengaruh keterampilan berbicara siswa kelas VIII di SMPN 21 kota Batam, SMPN 11 kota Batam, dan SMPN 35 kota Batam dalam pembelajaran bahasa Inggris sebelum menggunakan metode Media Audio Visual. Dan Untuk mengetahui pengaruh keterampilan berbicara siswa kelas VIII di SMPN 21 kota Batam, SMPN 11 kota Batam, dan SMPN 35 kota Batam dalam pembelajaran bahasa Inggris sesudah menggunakan metode Media Audio Visual. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan penulis, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : Setelah dilakukan pengembangan dengan diketahui bahwa siswa SMPN 21 kota Batam, SMPN 11 kota Batam, dan SMPN 35 kota Batam lebih mudah untuk memahami materi atau informasi yang disampaikan oleh guru, apabila dibandingkan dengan penggunaan sebelumnya. Artinya tujuan pembelajaran dapat tercapai secara lebih efektif untuk materi bahasa inggris pada siswa SMPN 21 kota Batam, SMPN 11 kota Batam, dan SMPN 35 kota Batam Setelah adanya pengembangan pembelajaran Bahasa Inggris untuk siswa SMPN 21 kota Batam, SMPN 11 kota Batam, dan SMPN 35 kota Batam terbukti lebih efektif apabila dibandingkan sebelum adanya pengembangan
Referensi
Abe, Y. (2011). The effect of computer-mediated communication on Japanese EFL learners' acquisition. The Modern Language Journal, 80(2), 183-198
Alexander, R. (1984). Computer-mediated communication, Syracuse University, Robin
Asyhar. R. (2010). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta : GP Press
Azhar, Arsyad. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Barizzi. (2009). Pengantar Metode Pembelajaran Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara
Chun, D. M., & Plass, J. L. (2002). Effects of multimedia annotations on vocabulary
Dr. Arief S. Sadiman, M. Sc, dkk. (2008). Media Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Drs. Syaiful Bahri Djamarah, M.Ag dkk. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta ; PT Rineka Cipta
Madhuri, J. N. (2013). Use of Audio Visual Aids in Teaching and Speaking. Research Journal of english Language and Literature (RJELAL). Retrieved on December 20th 2013 Mason, The open University
Linguistik, K., Sastra, D., & Silitonga, F. (2017). THE TEENEGERS’ CHARACTERISTICS IN GENDER WRITTEN TEXT BY DISCOURSE ANALYSIS AT BATAM. Kajian Linguistik Dan Sastra/ KLS, 2(1), 61–75. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/kls.v2i1.5353
Paul, David. (2007). Teaching English to Children in Asia. Hongkong: Pearson Longman Asia ELT
Paul, David. (2007). Teaching English to Children in Asia. Hongkong: Pearson Longman Asia ELT
Prof. Dr. Azhar Arsyad, MA. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta ; Raja Grofindo Persada
Sugiyono, (2008). Statistik non parametris untuk penelitian. Bandung: Alfabeta
Suharto, G. (2008). Statistika Deskriptif: Bahan Kuliah Statistika Program S-1
Suranto, (2013). Komunikasi Perkantoran. Yogyakarta: MediaWacana
Tarigan, H G. (2008). Berbicara Sebagai Salah Satu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
http://journals.ums.ac.id/index.php/KLS/article/view/5353