HUBUNGAN FAKTOR KEPRIBADIAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBICARA
DOI:
https://doi.org/10.33884/basisupb.v9i1.5474Kata Kunci:
Language Learning Strategies, Personality Factors, Speaking SkillsAbstrak
Keterampilan berbicara merupakan salah satu bagian penting dalam pembelajaran bahasa dan perlu dikuasai oleh setiap siswa untuk komunikasi berbahasa asing yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui strategi pembelajaran bahasa yang digunakan siswa berdasarkan faktor kepribadiannya (2) untuk mengamati sejauh mana faktor kepribadian dan strategi pembelajaran bahasa berkorelasi dengan keterampilan berbicara, (3) untuk mengetahui hubungan antara faktor kepribadian dan strategi pembelajaran bahasa dengan keterampilan berbicara. menguraikan interaksi faktor kepribadian dan strategi pembelajaran bahasa dalam mengembangkan keterampilan berbicara siswa. 25 mahasiswa semester IV tahun ajaran 2015/2016 Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Bone dipilih secara purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode campuran deskriptif kuantitatif (korelasi) dan analisis deskriptif kualitatif. Data kuantitatif dikumpulkan pertama dari kuesioner dan tes berbicara dan data kualitatif dari wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa ekstrovert lebih memilih menggunakan strategi pembelajaran tidak langsung (69%) sedangkan siswa introvert lebih suka menggunakan strategi pembelajaran langsung (89%). Hubungan faktor kepribadian dan keterampilan berbicara rendah (r=0,08), sedangkan hubungan antara strategi pembelajaran bahasa dan keterampilan berbicara kuat (r=0,6). Oleh karena itu, interaksi faktor kepribadian dan strategi pembelajaran bahasa menunjukkan bahwa faktor kepribadian berperan penting dalam memilih strategi pembelajaran bahasa yang tepat dalam mengembangkan keterampilan berbicara.
Kata kunci: Faktor kepribadian, strategi pembelajaran bahasa, dan keterampilan berbicara.
Referensi
Aziz, Rebin, A. (2010). Extraversion-Introversion and The Oral Performance of Koya University EFL Students. Unpublished Thesis, Bilkent University.
Brown, H. Douglas (1994). Principles of Language Learning and Teaching. Prentice Hall inc.
Clark, H. H. and E. V. Clark. (1977). Psychology and Language Introduction to Psycholinguistics. Harcourt Brace Jovanovich.
Dewaele J-M. & Furnham A. (2000). Personality and speech production: A pilot study of second language learners. Personality and Individual Differences, 28: 355–365
Ehrman M., & Oxford R. (1995). Cognition plus: Correlates of language learning success. The Modern Language Journal, 79(1): 67–89.
Ellis R. (1994). The Study of Second Language Acquisition. Oxford University Press
Ely CM. (1986). An analysis of discomfort, risk taking,sociability, and motivation in the L2 classroom. Language Learning, 36(1): 1-25.
Eysenck, H. & Eysenck, S. (1975). Persian Version of the Manual of Eysenck Personality Questionnaire. Hodder & Stoughton.
Gay L R. (2006). Education Research, Competencies for Analysis and Application. Merril Publishing.
Griffiths C. (2004). Using Reading as a Strategy for Teaching and Learning Language. Paper presented at the International Conference on First and Second Literacy Strategies. College Park.
Housen, A., & Kuiken, F. (2009). Complexity, accuracy, and fluency in second language acquisition. Appl. Linguist., 30(4), 461-473.
Ibrahimoglu, N, et al (2013). The Relationship between Personality Traits and Learning Styles: A Cluster Analysis. Journal of Education and Practice, (93-108)
Jung, C. G. (1971). Personality types. The portable Jung
Khan, Sarah. (2010). Strategies and Spoken Production on Three Oral Communication Tasks: A Study of High and Low Proficiency EFL Learners. Doctoral Thesis: Universitat Autònoma de Barcelona
Khany, R., & Ghoreyshi, M. (2013). The nexus between Iranian EFL students’ Big Five personality traits and foreign language speaking confidence. European Online Journal of Natural and Social Sciences, 2(2s), pp-601.
Liang, H. Y., & Kelsen, B. (2018). Influence of personality and motivation on oral presentation performance. Journal of psycholinguistic research, 47(4), 755-776.
Lightbown P. & Spada N. (1993). How languages are learned. Oxford University Press.
MacIntyre P.D. & Charos C. (1996). Personality, attitudes, and affect as predictors of second language communication. Journal of Language and Social Psychology, 15: 3-26.
O'Mallay JM & Chamot AU. (1990) Learning Strategies in Second Language Acquisition. Cambridge University Press
Oxford, R. (1990). Language Learning Strategies: What Every Teacher Should Know. Newbury House Publisher.
Rahman, Abd. (2007). Improving Speaking Skill by Using Jigsaw Technique. Unpublished Thesis : UIN Alauddin.
Reiss MA. (1983). Helping the Unsuccessful Language Learner. Canadian Modern Language Review, 39(2), 257-266.
Richard, J. C, and W.A. Renandya. (2002). Methodology in Language Teaching: An Anthology of Currect Practice. Cambridge University.
Simon and Schuster. (1979). Webster’s New Twentieth Century Dictionary Unabridged (Second Edition). New World Dictionaries.
Sato, T. (2005). The Eysenck personality questionnaire brief version: Factor structure and reliability. The Journal of psychology, 139(6), 545-552.
Spratt M.., Pulverness A & William M. (2005). The TKT (Teaching Knowledge Test) Course. Cambridge University Press
Skehan P. (1989). Individual differences in second-language learning. Edward Arnold.
Strong M. (1983). Social Styles and The Second Language Acquisition of SPANISH Speaking Kindergartners. TEOSL-Quarterly, 17(2), 241-258.
Swain M. (1993). The output hypothesis: Just speaking and writing aren’t enough. TheCanadian Modern Language Review, 50(1), 158-164.
Van Daele S. Housen, A., Pierrard, M., & Debruyn, L. (2006). The effect of extroversion on oral L2 proficiency. EUROSLA Yearbook, 6, 213–236.