PREFERENSI SISWA EFL TERHADAP GURU BAHASA INGGRIS YANG BAIK
DOI:
https://doi.org/10.33884/basisupb.v10i2.8054Kata Kunci:
preferensi, karakteristik, guru yang efektif, guru EFL yang baikAbstrak
Proses mengajar merupakan perjalanan belajar yang berkesinambungan. Bahkan dengan pengalaman bertahun-tahun dalam mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing, sulit bagi seorang guru untuk menentukan apakah metode tersebut benar-benar efektif. Pembelajar dan guru bahasa yang berbeda-beda memiliki pandangan yang berbeda-beda mengenai apa yang dimaksud dengan guru bahasa Inggris yang "baik". Oleh karena itu, penting untuk mengeksplorasi persepsi pelajar untuk memahami keyakinan dan harapan mereka terhadap guru bahasa Inggris mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki dan mengidentifikasi kualitas dan karakteristik yang menjadikan seorang guru bahasa Inggris kompeten, seperti yang dirasakan oleh peserta didik, khususnya di era pasca COVID-19. Studi ini bertujuan untuk mendapatkan wawasan tentang bagaimana preferensi pelajar mungkin telah berevolusi atau berubah karena tantangan dan pengalaman yang dihadapi selama pandemi, dan bagaimana faktor-faktor ini memengaruhi penilaian mereka terhadap guru bahasa Inggris yang efektif. Partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin yang berjumlah satu angkatan yaitu tahun 2020. Data dikumpulkan pada semester enam dengan menggunakan kuesioner tertutup yang dianalisis secara kuantitatif. Temuan yang diharapkan dari penelitian ini dapat membantu guru dalam refleksi diri, evaluasi, dan peningkatan praktik pengajaran mereka. Selain itu, hal ini dapat berkontribusi pada pertumbuhan pribadi mereka.
Referensi
Alzeebaree, Y., & Hasan, I. A. (2020). What makes an effective EFL teacher: High School Students’ Perceptions. Asian ESP Journal, 16(1–2), 169–183.
Anugerahwati, M., & Saukah, A. (2010). Professional Competence of English Teachers in Indonesia : a Profile of Exemplary Teachers. Indonesian Journal of English Language Teaching, 6(2), 107–119.
Aydin, S. (2009). Test Anxiety among Foreign Language Learners: A Review of Literature. Journal of Language and Linguistic Studies, 5(1), 127–137. http://www.jlls.org/index.php/jlls/article/view/77/77
Ayu, A., Angganita, P., Qalbi, N., & Burhanuddin, W. (2020). Students’ Perception Towards the Characteristics of a Good English Teacher. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP) FKIP Unismuh Makassar, 7(1), 55–63.
Barnes, B. D., & Lock, G. (2013). Student perceptions of effective foreign language teachers: A quantitative investigation from a Korean university. Australian Journal of Teacher Education, 38(2).
Dincer, Goksu, & Takkac. (2013). Common Characteristics of an Effective English Language Teacher. Educational Research Association The International Journal of Educational Researchers, 3, 1–8.
Febriyanti, E. R. (2018). Investigating English department students’ perceptions about a good English language teacher. International Journal of Language Education, 2(2), 83–95. https://doi.org/10.26858/ijole.v2i2.6378
H.Douglas Brown. (2000). [H._Douglas_Brown]_Teaching_by_Principles,_Second_(BookFi.org).pdf. In Teaching by Principles An Interactive Approach to Language Pedagogy (p. 491).
Headden, S., & McKay, S. (2015). Motivation Matters: How New Research Can Help Teachers Boost Student Engagement. The Malaysian Online Journal of Educational Science, Content Knowledge (PCK). The Malaysian Online Journal of Educational Science, 3(3), 40–55. www.moj-es.net
Mazulfah, M., Faridi, A., Rukmini, D., & Mujiyanto, J. (2022). Challenges of English Language Teaching in Post-Pandemic Era at Iain Salatiga. https://doi.org/10.4108/eai.14-8-2021.2317616
O’Dwyer, S. (2006). The English Teacher as Facilitator and Authority. Tesl-Ej, 9(4), 1–15.
Restu, D. W., Atmowardoyo, H., & Akil, M. (2018). The Profile of Effective EFL Teachers: A Descriptive Study at Senior High Schools in Gowa. ELT Worldwide: Journal of English Language Teaching, 5(1), 11. https://doi.org/10.26858/eltww.v5i1.5799
Sulasmi, S., & Prasetyarini, A. (2017). Good English Teacher Characteristics As Perceived By The Seventh Semester Students Of English Education Departement, Universitas Muhammadiyah Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Shishavan, K. S. & H. B. (2009). Characteristics of an Effective Teacher as Percived by Iranian Teachers and Learners of English. Journal of Education and Learning, 2(4), 130–143.
Zamani, R., & Ahangari, S. (2016). Characteristics of an effective English language teacher (EELT) as perceived by learners of English. International Journal of Foreign Language Teaching & Research, 4(14), 69–87. http://jfl.iaun.ac.ir/article_17138_72021c12d9759a235038699132c8f008.pdf