EFL STUDENTS’ WRITING OF DESCRIPTIVE TEXT: A PARAGRAPH STRUCTURE ANALYSIS
Kata Kunci:
EFL Students, Descriptive Text Writing, Paragraph StructureAbstrak
Menulis dalam bahasa Inggris bagi mahasiswa EFL adalah sebuah tantangan karena harus menguasai struktur kalimat dengan baik. Sehingga menulis dipandang sebagai kemampuan yang paling susah untuk dipahami. Penelitian ini dilaksanakan untuk melihat kemampuan menulis mahasiswa EFL di kota Batam. Penelitian ini menitikberatkan kepada kemampuan mahasiswa dalam menulis teks deskripsi dalam bahasa Inggris yang ditinjau dari struktur paragraf yang mereka tuliskan. Dengan metode kualitatif, penelitian ini memiliki instrumen berupa tugas-tugas menulis teks deskripsi. Setelah data dikumpulkan maka akan dianalisis berdasarkan rubrik penilaian. Untuk menulis sebuah paragraf yang baik, maka mahasiswa diharapkan mampu menguasai struktur paragraf. Dari penelitian ini didapatkan bahwa kemampuan rata-rata menulis mahasiswa dalam konteks EFL masih berada dalam kategori yang lemah yaitu Low Average. Sedangkan untuk penguasaan kemampuan dalam menulis berdasarkan struktur kalimat sudah cukup baik walaupun masih banyak kesalahan dalam tata bahasa. Didapati bahwa dalam penelitian ini sebanyak 20% mahasiswa mendapat kriteria High Average. Kemudian hanya 10% yang mendapat kriteria Good. Selanjutnya 40% mahasiswa mendapat kriteria Low Average dan terakhir sebanyak 30% mahasiswa masih berada dalam kriteria Weak.
Referensi
Brown, H Douglas. 1994. Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. New Jersey: Prentice Hall Regents.
Gay. L.R., Geoffrey E. Mills, and Peter Airasian. 2009. Educational Research: Competencies for Analysis and Applications. New Jersey: Pearson Education.
Greetham, Bryan. 2001. How to write better essays. New York: Palgrave Macmillan.
Hamp-Lyons, L. 1992. “Holistic writing assessment for LEP students”, in Office of Bilingual Education and Minority Languages Affairs (ed.), Proceedings of the Second National Research Symposium on Limited English Proficient Student Issues: Focus on Evaluation and Measurement, Volume 2. Washington, DC: OBEMLA. 317-358.
NURMA, Dhona Handayani. ANALYSIS OF PROBLEMS FACED BY THE STUDENTS IN COMPREHENDING ENGLISH EXPOSITION TEXTS AT SMA PGRI OF TEMBILAHAN – RIAU. JURNAL BASIS, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 25-37, oct. 2014. ISSN 2527-8835. Available at: <http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/basis/article/view/309
Oshima, A. and A. Hogue. 1991. Writing Academic English. USA: Addison-Wesley Publishing Company, Inc.
Richards, Jack C. And W.A. Renandya. 2002. Methodology in Language Teaching: An Anthology of Current Practice. Cambridge: Cambridge University Press.
Zemach, Dorothy E.. and Lisa, A. Rumisek. 2005. Academic Writing: From Paragraph to Essay. Oxford: Macmillan Publisher Limited.
Zemach, Dorothy E.. and Lisa, A. Rumisek. 2003. College Writing: From Paragraph to Essay. Oxford: Macmillan Publisher Limited.