SEMIOTIC ANALYSIS ON KIMETSU NO YAIBA MOVIE POSTERS

Penulis

  • Diyah Iis Andriani Universitas Pamulang
  • Dewi Yuli Anti Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.33884/basisupb.v9i2.6393

Kata Kunci:

Connotation, Denotation, Semiotics, Signs, Symbols

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan mengenai macam-macam tipe semiotika, makna denotasi, dan makna konotasi yang ditemukan di poster-poster film Kimetsu no Yaiba. Penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengidentifikasi, menganalisa, dan menjelaskan tanda dan simbol yang ditemukan dalam poster Kimetsu no Yaiba the Movie. Teori yang digunakan oleh penulis dalam melaksanakan penelitian ini adalah teori Dyer (2009) untuk menganalisa jenis semiotika dan teori Barthes (1983) yang digunakan untuk menganalisa makna denotasi dan konotasi pada tiap poster. Data di bab analisis diambil dari gambar, kata, raut wajah, dan warna yang terdapat pada 4 poster Kimetsu no Yaiba the Movie. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada 26 simbol yang terdiri baik dari simbol verbal dan visual yang masing-masing ditinjau dari arti denotasi dan konotasinya. Lebih lanjut, makna-makna tersebut menyajikan teaser atau petunjuk dan menarik perhatian penonton melalui tanda-tanda yang terdapat pada poster.

Kata kunci: denotasi, konotasi, semiotika, simbol, tanda

Referensi

Chandler, D. (2002). Semiotics: The Basic. London: Routledge.

Creswell, J. W. (2014). Research design: qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (Fourth ed.). United State of America: SAGE Publications, Inc.

Chapman, C. (2010, 28th January). Color Theory for Designers, Part 1: The Meaning of Color. Retrieved from https://www.smashingmagazine.com/2010/01/color-theory-for-designers-part-1-the-meaning-of-color/

Dyer, G. (2009). Advertising As Communication. New York: Routledge.

Eco, U. (1976). A Theory of Semiotics. Bloomington: Indiana University Press.

Glazer, T. (2017). The Semiotics of Emotional Expression. Transactions of the Charles S. Peirce Society: A Quarterly Journal in American Philosophy 53(2), 189-215.

Kimetsu no Yaiba official twitter account https://twitter.com/kimetsu_off?s=08

Kimetsu no Yaiba official website https://demonslayer-anime.com/

Kurniawan, A. B. (2015). Semiotic Analysis of Advertisement Meaning on the Panglima Sudirman Street of Pacitan in 2015. Pacitan: Oase Pustaka.

Pratiwi et al. The Analysis of Semiotic Signs on Forest Fires’ Posters. Humanis, [S.l.], v. 25, n. 2, p. 135-144. ISSN 2302-920X. doi: https://doi.org/10.24843/JH.2021.v25.i02.p02.

Sebeok, T. A. (2001). Signs: An Introduction to Semiotics Second Edition. Toronto: University of Toron to Press Incorporated.

Sobarna, A. (2010). Efektifitas Metode "Storytelling" Bermedia Boneka untuk Kemampuan Berkomunikasi. MIMBAR Vol. XXVI no. 1, 71 - 80.

Suhardi. (2013). Pengantar Linguistik Umum. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Utami, R., Setia, E., & Deliana. (2021). A Semiotic Analysis Found on Movie Poster “Shutter Island”. LingPoet: Journal of Linguistics and Literary Research, 2(3), 20-26. Retrieved from https://talenta.usu.ac.id/lingpoet/article/view/6642

Wirhayati, & Sudrajat. (2019). A Semiotic Analysis on Symbol in Selected Hollywood Horror Movie Posters. The 3rd IICLLTLC 2019 (pp. 528-540). Tangerang: Universitas Pamulang.

Hasanuddin, L., et al. (2015). Investigation of the head impact power of a sepak takraw ball on sepak takraw players. Movement, Health & Movement Journal, 4(2), 47-58.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-22

Terbitan

Bagian

BASIS VOLUME 9 NO 2 OCTOBER 2022