THE ANIMUS OF THE MAIN CHARACTER IN “GIRL MANS UP” NOVEL BY M-E GIRARD

Penulis

  • Florencia Sandra Marceline Universitas Putera Batam
  • Robby Satria Mandala Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.33884/basisupb.v10i2.7846

Kata Kunci:

Analytical Psychology, Archetype, Animus, Archetypal Approach, Archetypal Pattern, Animus

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui animus seorang perempuan maskulin dalam novel berjudul “Girl Mans Up” karya M-E Girard. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi, khususnya psikologi analitis dengan konsep arketipe animus yang dikemukakan oleh Carl Jung. Animus adalah kualitas atau sifat maskulin dalam psikis perempuan, berlawanan dengan penampilannya. Penelitian ini fokus pada tahapan perkembangan animus tokoh utama perempuan yang tidak berpenampilan feminin. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Peneliti menggunakan metode penelitian kepustakaan untuk mengambil dan menganalisis data. Terdapat dua jenis data, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diambil dari novel dan data sekunder diambil dari buku dan artikel yang berkaitan dengan konsep arketipe animus untuk mendukung penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa animus tokoh utama berada pada tahap perkembangan pertama dan kedua, dengan tiga data untuk tahap Man of Power dan enam data untuk tahap Man of Action, dan bahwa ekspresi gender tidak sepenuhnya menandakan ciri-ciri psikologis seseorang.

Referensi

Abrams, M. H., & Harpham, G. G. (2015). A glossary of literary terms (11th ed.). Cengage Learning.

Azumurana, S. O. (2020). Carl Jung’s concepts of the anima and the animus, and the artifice of stereotypical gender constructions in Aidoo’s Changes: A Love Story. UNILAG Journal of Humanities, 8(1), 17–39.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). SAGE Publications.

Girard, M.-E. (2016). Girl Mans Up. HarperCollins.

Jung, C. G. (1969a). The collected works of C. G. Jung: Vol. 9 pt. 1. The archetypes and the collective unconscious (G. Adler & R. F. C. Hull (eds.); 2nd ed.). Princeton University Press.

Jung, C. G. (1969b). The collected works of C. G. Jung: Vol. 9 pt. 2. Aion: Researches into the phenomenology of the self (G. Adler & R. F. C. Hull (eds.)). Princeton University Press.

Jung, C. G. (2012). Introduction to Jungian psychology: Notes of the seminar on analytical psychology given in 1925. In S. Shamdasani (Ed.), Introduction to Jungian Psychology. Princeton University Press.

Jung, C. G., Franz, M.-L. von, Henderson, J. L., Jacobi, J., & Jaffé, A. (1964). Man and his symbols (Carl G. Jung, M.-L. von Franz, & J. Freeman (eds.)). Anchor Press.

Jung, E. (2004). Animus and anima: Two essays. Spring Publications.

Karkun, S., & Tiwari, A. K. (2022). Women and brains go together: Mapping Sophia Kovalevsky’s animus in Alice Munro’s “Too Much Happiness.” Journal of International Women’s Studies, 24(1). https://vc.bridgew.edu/jiws/vol24/iss1/29

Pertiwi, D. K. (2021). Anima and animus personality of the main characters as seen in Collins’ The Hunger Games: An archetypal study. Komunikata, 1(3), 1–11.

Purba, N., & Ambalegin. (2020). The images in “Maleficent” novel by Elizabeth Rudnick. Linguistic, English Education and Art (LEEA) Journal, 3(2), 506–519. https://doi.org/10.31539/leea.v3i2.1285

Rowland, S. (2019). Jungian literary criticism: The essential guide. In Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 6, Issue August). Routledge.

Sari, Y. P., & Putra, E. E. (2021). Archetypal images reflected in Dracula novel by Bram Stoker. Jurnal Basis, 8(2), 165–172. https://doi.org/10.33884/basisupb.v8i2.3848

Stein, M. (1998). Jung’s map of the soul: An introduction. Open Court.

Wilchins, R. (2019). Gender norms & intersectionality: Connecting race, class, & gender. Rowman & Littlefield International.

Zed, M. (2023). Metode penelitian kepustakaan (6th ed.). Yayasan Obor Indonesia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-07

Terbitan

Bagian

BASIS VOLUME 10 NO 2 OKTOBER 2023